PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG DI WIZZ DRIVE THRU GELATO SURABAYA

Authors

  • Benedicta Teressa Petra Christian University
  • Jovita Intan Lukito Petra Christian University
  • Adriana Aprilia Petra Christian University
  • Fransisca Andreani Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.1.1-14

Keywords:

kualitas produk, kualitas layanan, kepuasan konsumen, minat beli ulang

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang di Wizz Drive Thru Gelato Surabaya. Metode penelitian kuantitatif dengan lima-skala Likert sebagai metode pengukurannya. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang telah berkunjung dan membeli di Wizz Gelato dengan jumlah sampel 120 responden, dimana pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif namun tidak signifikan; kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen; kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang. Kualitas produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Terakhir, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi.

Author Biographies

Adriana Aprilia, Petra Christian University

SINTA ID: 6680994, GS ID: rIkmcTIAAAAJ

Fransisca Andreani, Petra Christian University

SCOPUS ID: 57193741866, SINTA ID: 6033489, GS ID: W4IDJvMAAAAJ

References

Anonim, Wawancara personal (Mei 2023)

Alfaifi, M. S., & Stathopoulos, C. E. (2010). Effect of egg yolk substitution by sweet whey protein concentrate (WPC) on physical properties of gelato ice cream. International Food Research Journal,17(3), 787-793. https://research.uaeu.ac.ae/en/publications/effect-of-egg-yolk-substitution-by-sweet-whey-protein-concentrate

Arlanda, R. E. Z. H. A., & Suroso, A. G. U. S. (2018). The influence of food & beverage quality, service quality, place, and perceived price to customer satisfaction and repurchase intention. Journal of Research in Management, 1(1), 28-37. DOI: 10.32424/jorim.v1i1.18

Amy, B. (2014). Understanding food principle and preparation. Cengage Learning.

Awi, Y. L., & Chaipoopirutana, S. (2014). A study of factors affecting consumer’s repurchase intention toward xyz restaurant, myanmar. International Conference on Trends in Economics, Humanities and Management, 181-184. http://dx.doi.org/10.15242/ICEHM.ED0814093

Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 1(3), 14-34. https://dx.doi.org/10.17605/OSF.IO/TC2FE

Canny, I. U. (2014). Measuring the mediating role of dining experience attributes on customer satisfaction and its impact on behavioral intentions of casual dining restaurant in Jakarta. International Journal of Innovation, Management and Technology, 5(1), 25-29. DOI: 10.7763/IJIMT 2014.V5.480

Catriana, E., & Djumena, E. (2020). Pandemi covid-19, transaksi nontunai McDonald’s naik hingga 4 kali lipat. (2020, April 15). Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/04/15/204200026/pandemi-covid-19-transaksi-nontunai-mcdonald-s-naik-hingga-4-kali-lipat

Davis, B., Lockwood, A., Pantelidis, I. S., & Alcott, P. (2018). Food and beverage management. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315563374

Goff, H. D; Hartel, R. W. (2013). Ice cream: seventh edition. Springer.

Ghozali, I., & Latan, H. (2014). Partial least squares konsep, metode dan aplikasi menggunakan program WarpPLS 4.0. Universitas Diponegoro.

Hananto, D (2021). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk jersey sepeda di tangsel. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2021).

Hasan, A. (2013). Marketing dan kasus kasus pilihan. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Hidayat, D., Bismo, A., & Basri, A. R. (2020). The effect of food quality and service quality towards customer satisfaction and repurchase intention (case study of hot plate restaurants). Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 1-9. https://doi.org/10.22219/jmb.v10i1.11913

Khoiri, A. M. (2023). Tiga perubahan mendasar restoran akibat covid. detikTravel. Retrieved September 16, 2023, from https://travel.detik.com/travel-news/d-6881049/tiga-perubahan-mendasar-restoran-akibat-covid.

Kotler, P. & Keller, L. K. (2016). Marketing management, (15th ed.). Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, P. & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip marketing, (7th ed.). Salemba Empat.

Lupiyoadi R., & Hamdani, A. (2016). Manajemen pemasaran jasa (3rd ed.). Salemba Empat.

Mendocilla, M., Miravitlles M. P. & Matute, J. (2021), “QUICKSERV: A service quality assessment tool for the quick-service restaurant industry”, British Food Journal, 123(13), 241-259, DOI: 10.1108/BFJ-12-2020-1108.

Noorca, D. (2023). 5 rekomendasi kafe gelato di Surabaya barat, bisa drive thru. (2023, November 20). Retrieved from https://jatim.idntimes.com/food/diet/dhafintya-noorca-achni-1/rekomendasi-kafe-gelato-di-surabaya-barat-c1c2?page=all

Oksilia, M. I., Syafutri, & Lidiasari, E. (2012). Karakteristik es krim hasil modifikasi dengan formulasi bubur timun suri dan sari kedelai. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 23(1), 17-22. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jtip/article/view/5288

Potter, N. N., & Hotchkiss, J. H. (2012). Food science (5th ed.). Chapman dan Hall.

Putra, P. (2021). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan produk Mie Sedaap. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(1), 70-76.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Rajput, A., & Gahfoor, R. Z. (2020). Satisfaction and revisit intentions at fast food restaurants. Future Business Journal, 6, 1-12. https://doi.org/10.1186/s43093-020-00021-0

Rizki, E. F., Juliati, R., & Praharjo, A. (2021). The effect of product quality and service quality on repurchasing intention. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (JAMANIKA), 1(04), 247-254. https://doi.org/10.22219/jamanika.v1i4.19407

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmana, N. C., Chandra, V. J., & Siaputra, H. (2020). Pengaruh kualitas makanan, higienitas dan kualitas layanan terhadap minat pembelian ulang melalui kepuasan konsumen sebagai mediator di restoran dapur terbuka di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 8(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/10553

Tjiptono, F. (2014). Strategi pemasaran. (4th ed.). Andi.

Widjoyo, I. O., Rumambi, L. J., & Kunto, Y. S. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada layanan drive thru McDonald’s basuki rahmat di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1 (1), 1-12. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/247

Zakiah, N. (2022). Sejarah drive thru: ini 7 fakta perkembangannya hingga kini. (2022, October 8). Retrieved from https://www.idntimes.com/science/discovery/nena-zakiah-1/sejarah-awal-drive-thru

Zeithaml,V.A., Bitner, M.J. & Gremler, D.D. (2009). Service marketing: Integrating customer focus across the firm (5th ed.). Mcgraw-Hill.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Teressa, B., Lukito, J. I., Aprilia, A., & Andreani, F. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG DI WIZZ DRIVE THRU GELATO SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(1), 1-14. https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.1.1-14

Issue

Section

Articles