PENGARUH GREEN PRODUCT TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN MELALUI GREEN ADVERTISING (Studi Terhadap Konsumen Starbucks)

Authors

  • Dicky R. Putra Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Yuliana R. Prasetyawati Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.69-74

Keywords:

Green Product, Repurchase Intentio, Green Advertising

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Green Product Reusable Color Changing Cups terhadap minat beli ulang konsumen Starbucks melalui Green Advertising yang ada di akun Instagram @starbucksindonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan analisis jalur melalui kuesioner yang dibagikan kepada 80 responden yang merupakan followers Instagram @starbucksindonesia yang menggunakan Reusable Color Changing Cups di Sahid Sudirman Center. Hasil penelitian menunjukan bahwa Green Product berpengaruh positif terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh Green Advertising di Instagram @starbucksindonesia. Starbucks harus terus mempertahankan Green Product yang diusung dan ditunjang untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan ramah lingkungan, didukung juga dengan iklan yang menarik konsumen melalui media yang potensial, seperti Instagram.

References

Agustin, D. R. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 22(2), 1-10

Apriliyanto, A. D. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Cekopi Mendungan Kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Electronic Theses and Dissertations, 5.

Banerjee. S.B. (2002). Corporate environmentalism: the construct and its measurement. Journal of Business Research, 55(3), 177-191.

Daft. (2015). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Goh, S. K., Jiang, N. Hak, M.F.A., & Tee, P.L. (2016). Determinants of Smartphone Repeat Purchase Intention Among Malaysians: A Moderation Role of Social Influence And A Mediating Effect of Consumer Satisfaction. International Review of Management and Marketing, 6(4), 993-1004.

Grant, J. (2015). The Green Marketing Manifesto. West Sussex, England: John Wiley & Sons, Ltd.

Gunawan, M., Reinaldo, E., Aprilia, A., & Hariyanto, A. (2014). Persepsi Konsumen Terhadap Green Marketing Starbucks Surabaya. Jurnal Hospita¬lity dan Manajemen Jasa, 2(2),91 - 109.

Handayani, W., & Prayogo, R.A. (2017). Green Consumerism: An Eco - Friendly Behavior Form Through The Green Product Consumption and Green Marketing.Sinergi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 7(2), 25-29.

Hawkins, Del I. & Mothersbaugh, D. L. (2016). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. 13th, McGraw-Hill International Edition.

Juniar, P. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan di Kartini Restoran Surabaya Plaza Hotel 2015. Perbanas Institutional Repository.

Karna, J., Hansen, E., & Juslin, H. (2016). Social Responsibility in Environmental Marketing Planning. European Journal of Marketing, 37, 61-65.

Nurhadi, & Purnama. (2014). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan, Atribut Merek Hijau, Iklan Peduli Lingkungan dan Presepsi Harga Premium terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK. Jurnal Fakultas Ekonomi, 1-9.

Polonsky, M. J. (2011). Transformative Green Marketing: Impediments and Opportunities, Journal of Business Research, (64), 1311-1319.

Pribadi, S. R. (2016). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) Di Bank BRI Syariah KC Purwokerto. Doctoral Disser-tation IAIN Purwokerto.

Rath, R. C. (2013). An Impact of Green Marketing On Practices of Supply Chain Management In Asia: Emerging Economic Opportunities And Challenges. International Journal of Supply Chain Management, 2(1).

Sabir, S., Khurshid, & Hafeez. (2014). Influence of Factors in Green Advertising upon Purchase Intentions- A Study of Pakistani University Students. International Review of Management and Business Research, 3(4), 2131 - 2138.

Sandjojo. N (2011). Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dan Aplikasinya, Cetakan Pertama. Jakarta, Penerbit Pustaka Sinar Harapan.

Soedargo, N. P., Wisana, K., & Kristanti, M. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Sikap Konsumen dan Minat Beli Ulang di Green Hotel di Indonesia. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2); 197 - 205.

Sofhan, Y. N. (2014). Pengaruh Green Product Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Air Conditioner Panasonic Inverter Econavi Di Jakarta Pusat). Universitas Telkom, 4.

Starbucks. (2020, June 22). Greener Cups and Packaging. Diakses dari: Retrieved from starbucks. com: https://www.starbucks.com/responsibility/ environment/recycling.

Wymer, W., & Polonsky, M. (2015). The Limitations and Potentialities of Green Marketing. Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, 27(3), 239-262.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Putra, D. R. ., & Prasetyawati, Y. R. . (2022). PENGARUH GREEN PRODUCT TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN MELALUI GREEN ADVERTISING (Studi Terhadap Konsumen Starbucks). Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 69-74. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.69-74