STORE ATMOSPHERE MEMODERASI PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen Moonk Cartil & Cafe Surabaya)

Authors

  • Ni Nyoman Padang Cakra Binaraesa SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA SURABAYA
  • Imam Hidayat SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA
  • Marsudi Lestariningsih SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.61-68

Keywords:

Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, Store Atmosphere

Abstract

Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Store Atmosphere memiliki kontribusi penting untuk mencapai Kepuasan Konsumen restoran. Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen secara langsung maupun dengan Store Atmosphere sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang mengunjungi Moonk Cartil & Cafe. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Store Atmosphere tidak memoderasi pengaruh Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen.

References

Bae, S., L. Slevitch dan S. Tomas. 2018. The Effects Of Restaurant Attributes On Satisfaction And Return Patronage Intentions: Evidence From Solo Diners’ Experiences In The United States. Cogent Business Management 5: 1-16.

Basith, A., S. Kumadji dan K. Hidayat. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Ter-hadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan De’pans Pancake And Waffle Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 11(1): 1-8.

Bujisic, M dan J. Hutchinson. 2014. The Effects of Restaurant Quality Attributes on customer behavioral intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management. 26(8): 1270-1291.

Cahyadi, C. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Makanan dengan Peran Moderasi Atmosphere Pada Restoran Sushi Tei Galaxy Mall di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 3(1).

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ha, J dan S. S Jang. (2012). The Effects Of Dining Atmospherics On Behavioral Intentions Through Quality Perception. Journal of Services Market¬ing 26(3) : 204–215.

Hilaliyah, S. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk yang Di Moderasi ole Suasana terhadap kepuasan pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Pelanggan Kafe Ria Djenaka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen. 4(2):172-187.

Hill, N. 2007. Customer Satisfaction: The Customer Experience Through the Customer's Eyes. Book Review. London : The Leadership Factor.

Kim, H.J., J. Park, M. J Kim, dan K. Ryu. 2013. Does Perceived Restaurant Food Healthiness Matter? Its Influence On Value, Satisfaction And Revisit Intentions In Restaurant Operations In South Korea. International Journal of Hospitality Management. 33 :397-405.

Kotler, P dan G. Armstrong. 2014. Prinsip-Prinsip Manajemen. Edisi Empat Belas Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kurniawan, E. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Makanan Pada Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Korea ‘Myoung Ga’ Di Surabaya Dengan Peran Moderasi Atmosfer. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 4(2).

Liana, L. 2009. Penggunaan MRA dengan SPSS untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel H7 Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 14(2) :90-97.

Liu, P dan Y. Ching. 2018. Exploring Factors On Customers' Restaurant Choice: An Analysis Of Restaurant Attributes. British Food Journal.

Lovelock, C. H dan L. K. Waright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan II. Jakarta. PT Indeks.

Nengsih, D. R. 2016. Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan Dan Diversifikasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Granny’s Nest Cafe And Resto Di Bandar Lampung). Skripsi. Universitas Lampung. Lam-pung.

Nggaur, D. A. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan. Studi Kasus Kafe Mar¬kobar Manado. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Nguyen, Q., T. M. Nisar, D. Knox dan G. P. Prabhakar. 2017. Understanding customer satisfaction in the UK Quick Service Resaurant industry. British Food Journal.

Rony. 2017. Pengaruh Kualitas produk dan Suasana Cafe (Store Atmhosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alila Cafe Pontianak). Pontianak. Universitas Tanjungpura.

Ryu, K dan H. Han. 2010. Influence Of The Quality Of Food, Service, And Physical Environment On Customer Satisfaction And Behavioral Intention In Quick-Casual Restaurants: Moderating Role Of Perceived Price. Journal of Hospitality & Tourism Research 34(3):310-329.

Salsabilah, T dan Sunarti. 2018. Pengaruh Food Quality, Dining Atmosphere dan Kesesuaian Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Ria Djenaka Shining Batu. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 54 (1)

Sugianto, J dan S. Sugiharto. 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 1(2): 1-10.

Sugiyono. 2014. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sulistyaningrum, U. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Koki Tappanyaki Express. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Binaraesa, N. N. P. C. ., Hidayat, I., & Lestariningsih, M. . (2022). STORE ATMOSPHERE MEMODERASI PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen Moonk Cartil & Cafe Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 61-68. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.61-68