PENGARUH USABILITY, INFORMATION QUALITY, DAN INTERACTION QUALITY TERHADAP WEB REVISIT INTENTION DAN PURCHASE INTENTION WEBSITE BALI TOURISM BOARD

Authors

  • Hatane Semuel Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Serli Wijaya Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Cristian Alianto Alumnus Magister Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.28-38

Abstract

Penggunaan website untuk memasarkan produk pariwisata dikembangkan untuk kalangan usaha swasta maupun pemerintah. Website Bali Tourism Board merupakan salah satu website pemerintah provinsi Bali yang menawarkan berbagai produk wisata destinasi Bali.  Untuk mengevaluasi efektivitas website ini, diperlukan penelitian ilmiah secara berkelanjutan terkait komunikasi pemasaran destinasi wisata Bali. Salah satu pengukuran yang dapat membantu mengevaluasi kualitas layanan website adalah melalui evaluasi terhadap peran dimensi webqual, usability, information quality dan interaction quality, sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap web revisit intention dan purchase intention produk wisata Bali. Penelitian dilakukan melalui survey secara online terhadap 239 responden dengan menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukan bahwa usability dapat berpengaruh langsung terhadap web revisit intention dan purchase intention, sedangkan information quality dan interaction quality tidak berpengaruh langsung terhadap purchase intention tetapi melalui web revisit intention, dan ditemukan bahwa revisit intention merupakan mediasi sempurna untuk pengaruh information quality dan interaction quality terhadap purchase intention,  tetapi merupakan mediasi parsial pada pengaruh usability terhadap purchase intention.

Downloads

Published

2021-04-08

Issue

Section

Articles