ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN HOTEL BINTANG 2 DAN BINTANG 5 DI SURABAYA: PENERAPAN PROSES TEXT-MINING ATAS ULASAN DARING KONSUMEN

Authors

  • Margaretha Felicia Thung Program Studi Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra
  • Bernadette Thalia Tjahjowidodo Program Studi Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra
  • Serli Wijaya Program Studi Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.1-9

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi, situs web berisi ulasan daring (online review website) sangat terkenal di kalangan konsumen karena ulasan daring dianggap sebagai sumber yang handal, terpercaya dan terbaru. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa ulasan daring di situs web Trip Advisor dan mengetahui atribut-atribut hotel yang menjadi penentu kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen setelah menginap di hotel bintang 2 dan bintang 5 di Surabaya. Ulasan daring dianalisa melalui proses penambangan data (text-mining) menggunakan Voyant Tools. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh atribut hotel yaitu: Hotel, Service, Room, Food & Beverage, Location, Security dan Price/value yang sama-sama menentukan kepuasan konsumen ketika menginap di hotel bintang 2 dan bintang 5. Sebaliknya terdapat enam atribut hotel yang menentukan ketidakpuasan konsumen setelah menginap di hotel bintang 5 yaitu: Room, Hotel, Service, Food & Beverage, Location dan Price/value. Di sisi lain, atribut hotel yang paling banyak menjadi penyebab ketidakpuasan konsumen pada hotel bintang 2 adalah: Room, Hotel, Service, Food & Beverage dan Price/value.

Downloads

Published

2021-04-08

Issue

Section

Articles