PENGARUH LOGO KEMASAN PRODUK KOSMETIK SEBAGAI PENJELASAN KRITERIA PRODUK PEMAKAIAN DAN TINGKAT PENGETAHUN KEMASAN PRODUK TERHADAP REPURCHASE INTENTION (STUDI KASUS IBU-IBU / REMAJA CAKRAWALA II TJ PRIOK, KEC. KOJA JAKARTA UTARA)

Authors

  • Ana Ramadhayanti Universitas Bina Sarana Informatika Bandung Jl. Sekolah Internasional No.1-6, Cicaheum, Kiaracondong, Bandung 40291

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.8-16

Keywords:

Kosmetik, logo, symbol, kemasan, pengetahuan produk

Abstract

Semakin banyaknya produk kosmetik yang berkembang dimasyarakat secara tidak langsung  membuat konsumen ingin mencoba produk tersebut. Sampai saat ini produk kosmetik yang berkembang dimasyarakat beberapa diantaranya tidak  memiliki logo atau simbol pada produk kemasan. Namun meskipun terdapat logo dikemasan terkadang ada beberapa konsumen yang tidak mengetahui arti dari logo atau symbol yang tertera dikemasan kosmestik tersebut. Padahal pencantuman simbol atau logo tersebut pada dasarnya  sangat penting terutama untuk mengetahui kandungan yang terdapat pada produk, masa kadarluwarsa, kemasan produk berbahan ramah lingkungan atau tidak, dan cara penggunaan dari produk tersebut. Tujuan penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui pengaruh Logo Kemasan Produk Kosmetik Sebagai Penjelasan Kriteria Produk Pemakaian Dan Tingkat Pengetahun Kemasan Produk Terhadap Repurchase Intention. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian survei, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan keseimpulan bahwa Logo Kemasan Kosmetik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention. Sementara itu untuk Pengetahuan berpengaruh positif  dan signifikan terhadap Repurchase Intention. Diharapkan dari hasil penelitian ini masyarakat akan lebih waspada dan cermat sebelum membeli produk kosmetik

References

Blanchard, P. Nick James W. Thacker. 2004. Effective Training: System, Strategy and Practices, 2nd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Budi, W. Soetjipto dkk. 2002. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Editor. Yogyakarta: Amara Books.

Hamdi, Asep Saepul & E. Bahrudin. 2014. Metode Penelitian Kunatitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Depublish.

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Herjanto, Eddy. 2015. Manajemen Operasi. Jakarta: Grasindo.

Irzandy Mas Aga Haris, dkk. 2017. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 51: Hal 151-158.

Kaihatu, Thomas S. 2014. Manajemen Pengemasan. Yogyakarta: ANDI.

Pos, Iklan. 2015. “No Title,” 2015.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi Dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Resmawa, Ira Ningrum. 2017. “Pengaruh Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Dengan Green Price Sebagai Moderating Variabel Pada Produk the Body Shop Di Surabaya” Vol. 1, No: Hal 1-11, ISSN 2541-1438; E-ISSN 2550-0783.

Rizal, Muhammad. 2016. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan VOL.5, NO.: Hal 430-439.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

SAB, Vita, Dhameria. 2014. “Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi Pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Kan Desain.” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Volume XII: Hal 1-44.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Ter-padu. Jakarta: Erlangga.

Suarjana, I Kadek dan Suprapti, Ni Wayan Sri. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek Indihome.” E-Jurnal Manajemen Unud Vol. 7, No: hal 1920-1949, ISSN : 2302-8912.

Susetyarsi, Th. 2017. “Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pela-belan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang.” Jurnal STEI Semarang Vol 4,: Hal 19-28, ISSN 2252-7826.

Sutantio, Magdalena. 2004. “Studi Mengenai Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi; Studi Kasus Produk Sharp Di Surabaya,.” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia III.

Widyaningrum, Premi Wahyu. 2016. “Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo).” Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia Volume VI,: Hal 83-98.

Wijaya, Tony. 2012. Cepat Menguasai SPSS 20 Untuk Olah Data Interprestasi Data. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Yanti, Mery Oky Zufi dan Sukotjo, Hendri. 2016. “Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Aqua.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen Volume 5,: 1-15 ISSN : 2461-0593.

Downloads

Published

2019-03-29

How to Cite

Ramadhayanti, A. (2019). PENGARUH LOGO KEMASAN PRODUK KOSMETIK SEBAGAI PENJELASAN KRITERIA PRODUK PEMAKAIAN DAN TINGKAT PENGETAHUN KEMASAN PRODUK TERHADAP REPURCHASE INTENTION (STUDI KASUS IBU-IBU / REMAJA CAKRAWALA II TJ PRIOK, KEC. KOJA JAKARTA UTARA). Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 8-16. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.8-16

Issue

Section

Articles