PENGARUH VISUAL MERCHANDISING KKV GALAXY MALL SURABAYA TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN SHOPPING LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DAN IMPULSIVE BUYING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.9744/pemasaran.19.1.46-59Keywords:
visual merchandising, repurchase intention, impulsive buying, shopping lifestyleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Visual Merchandising KKV Galaxy Mall Surabaya terhadap Repurchase Intention dengan Shopping Lifestyle sebagai variabel moderasi dan Impulsive Buying sebagai variabel mediasi. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara survey secara langsung di KKV Galaxy Mall dan online melalui Line, Whatsapp, dan Instagram. Jumlah responden yang berhasil diperoleh dan diolah datanya sebanyak 124 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian tugas akhir ini menunjukkan bahwa Visual Merchandising tidak berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention, Visual Merchandising berpengaruh terhadap Impulsive Buying, Impulsive Buying berpengaruh terhadap Repurchase Intention, Impulsive Buying memediasi secara signifikan hubungan Visual Merchandising terhadap Repurchase Intention, dan Shopping Lifestyle tidak memoderasi hubungan Visual Merchandising terhadap Repurchase Intention customer KKV Galaxy Mall Surabaya.
References
Apriliani, D. (2020). Pengaruh youtube beauty vlogger review, self congruity dan price perception terhadap impulsive buying dan dampaknya pada repurchase intention remaja putri pengguna Emina cosmetics di kota Surabaya.
Bhalla, S. & Anuraag, S. (2010). Visual merchandising. New Delhi: McGraw Hill.
Cobb, E. & Hoyer, G. (2015). Store design and visual merchandising: Creating store space that encorages buying (2nd ed.) New York, NY: Business Expert Press.
Dexter, J. (2022). Peran moderasi customer experience atas pengaruh visual merchandising terhadap repurchase intention KKV
Fitriana, A. (2016). Analisis pengaruh display interior terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen indomaret pontianak. Journal of Applied Intelligent System, 1(2).
Iqbal, A., Umer, H., Maqbool, A., Sunil, N., & Pillai, K. R. (2011). Design, effectiveness and role of visual merchandising in creating customer appeal.
Isniani, N. S., & Noerchoidah. (2021). Miniso Royal Plaza Surabaya consumer impulse buying behavior. Journal of Applied Management and Business. doi.org/10.37802/jamb.v2i1.152
Junikon, E., & Ali, H. (2022). The influence of product quality and sales promotion on repurchase intention & impulsive buying. Journal Marketing Management Literature Review.
Kearney.com. (2021). Leapfrogging into the future of retail. https/www.kearney.com/industry/consumer-retail/global-retail-development-index/2021
Faryabi, M.K.S., Fesaghandis, M.S. (2015). Brand name, sales promotion and consumers’ online purchase intention for cell-phone brands. International Journal of Marketing Studies, 7(1), 167-179.
Mardani, W.A.P. & Krisnawati, W. (2022). Visual merchandising, celebrity edorsers, advertisement creativity, and e-service quality on Netflix purchase decision. International Journal Labs. https://doi.org/10.55324/iss.v1i6.155
Pramono, G. V. & Wibowo, D. H. (2019). Hubungan self monitoring dengan impulsive buying terhadap produk fersyen pada mahasiswa rantau. Jurnal Psikologi Perseptual. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/perseptual
Sinaga, Y. E. & Marpaung, N. (2023). Pengaruh visual merchandising dan potongan harga terhadap impulsive buying (studi pada konsumen Matahari Plaza Medan Fair). 3(1). https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Priscilla Amanda Pryono, Edwin Japarianto, Yohan Gunawan Henuk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.