PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI SHOPPING LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DARI BERSHKA PAKUWON MALL

Authors

  • Vionetta Agnes Giveline Petra Christian University
  • Edwin Japarianto Petra Christian University
  • Trixie Nova Bella Tandijaya Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.2.81-94

Keywords:

hedonic shopping value, impulse buying, shopping lifestyle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying dengan Shopping Lifestyle sebagai variabel moderasi di Bershka Pakuwon Mall. Data berasal dari sampel 121 pelanggan Breshka Pakuwon Mall yang peneliti survei menggunakan kuesioner secara langsung di lokasi penelitian dan secara online melalui media sosial. Untuk menguji hipotesis penelitian, peneliti menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Value berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pelanggan Bershka Pakuwon Mall. Lebih jauh, Shopping Lifestyle memoderasi hubungan antara Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying pelanggan Bershka Pakuwon Mall.

References

Abdhul, Y. (2023). Pengertian, faktor dan contoh. Retrieved 13 Februari 2023 from https://deepublish store.com/blog/impulse-buying/

Anonim. (2022). Uji t-test. Universitas Ciputra Creating World Class Entrepreneurs. Informatics Study Program. https://informatika.uc.ac.id/2022/12/uji-t-test/

Afiyanti, Y. (2008). Validitas dan reliabilitas dalam penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia. https://doi.org/10.7454/jki.v12i2.212

Anggoro, A. (2023). Tren belanja offline meningkat, rambla perkuat pelayanan di tiga sektor ini. Retrieved from EkonomiBisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20230531/12/1661190/tren-belanja-offline- meningkat-rambla-perkuat-pelayanan-di-tiga-sektor-ini.

Awlia, T. (2020). Metode pengumpulan data: Kuantitatif dan kualitatif. Retrieved from DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-4850130/metode-pengumpulan-data-kuantitatif-dan-kualitatif

Beberapa Keperluan Rumah Tangga yang Bisa Dihemat. (2017). (2017, 26 September). https://gunungrizki. com/author/writter/page/34/

Belanja untuk hilangkan masalah? Ini barang yang harus kamu beli. (n.d.). Merdeka.Com. https://www. merdeka.com/gaya/belanja-untuk-hilangkan-masalah-ini-barang-yang-harus-kamu-beli.html

BERSHKA ABOUT US. (n.d.). https://www.bershka.com/id/company.html

Bhinneka, I. (2023). Gaya berpakaian sebagai bentuk ekspresi dan identitas diri. Retrieved from 16 June 2023. https://www.bhinneka.com/blog/gaya-berpakaian-sebagai-bentuk-ekspresi-diri/

Binus University. (2021). Tiga perhitungan utama SMART PLS: Algorithm, bootstrapping, dan blindfolding. Binus University. https://accounting.binus.ac.id/2021/11/16/tiga-perhitungan-utama- smart-pls-algorithm-bootstrapping-dan-blindfolding/

BPNP. (2017). Aktivitas mahasiswa dalam mengisi waktu senggang di Kota Makassar. Retrieved 19 Juni 2019 from https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbsulsel/aktivitas-mahasiswa-dalam-mengisi-waktu- senggang-di-kota-makassar/

Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying dengan shopping lifestyle dan positive emotion sebagai variabel intervening pada Mall Ciputra Word Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89

Di, K., & Mangu, I. (2021). Proses pengambilan keputusan pembelian. Retrieved from https://www. hestanto.web.id/proses-pembuatan-keputusan-pembelian-konsumen/

Dr. Meiryani. (2021). Memahami koefisien determinasi dalam regresi linear. Retrieved from Accounting.Binus.Ac.Id. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-koefisien-determinasi- dalam-regresi-linear/

Hursepuny, C. V., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada konsumen Shopee_Id the influence of hedonic shopping motivation and shopping lifestyle on impulse buying at consumers Shopee_Id. E-Proceeding of Management, 5(1), 1041–1048.

Japarianto, E., & Monika, Y. (2020). Pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying dengan shopping lifestyle sebagai moderator pada online shop chocochips. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1-10. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/download/10146/9080

Kompas.id, P. (2020). Pengalaman belanja langsung tak tergantikan oleh ”online”. (2020, 22 Desember).

Kompasiana.com, K. (2011). MAP menghadirkan Bershka di Central Park Mall. Retrieved 3 Mei 2011 from https://www.kompasiana.com/zicorhk/5500bd73a333117f72511dbc/map-menghadirkan-bershka- di-central-park-mall

Kumparan. (2022). Impulse buying: Pengertian, jenis-jenis, dan faktor yang memengaruhinya. Retrieved from Kumparan. https://kumparan.com/berita-hari-ini/impulse-buying-pengertian-jenis-jenis-dan- faktor-yang-memengaruhinya-1z4AXcPPjco

Fajri, D, L. (2021). Pengertian, ciri, dan contoh kalimat opini. Retrieved from Katada.Co.Id. https:// katadata.co.id/safrezi/berita/61afd748c61d9/pengertian-ciri-dan-contoh-kalimat-opini

Fauzi, L.U., Welsa, H., & Susanto. (2018). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 3(1), 1–12. journal.umy.ac.id/index.php/bti

LP2M. (2022). Penelitian kausal: Definisi, keuntungan dan tipsnya. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Medan Area. Retrieved from https://lp2m.uma.ac.id/2022/07/05/penelitian- kausal-definisi-keuntungan-dan-tipsnya/

Lubis, M. A. (2018). Pengaruh hedonic shopping motivation, desire for visual aesthetics, dan situasional factors terhadap impulsive buying: Suatu penelitian pada Drugstore Cosmetics Watson. (Doctoral Dissertation, STIE Indonesia Banking School).

Meiryani. (2021). Memahami predictive relevance (Q2) dalam Smart Pls dalam penelitian ilmiah. Retrieved from BINUS Accounting. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-predictive- relevance-q2-dalam-smart-pls-dalam-penelitian-ilmiah/

Merdeka. (2013). Tips meningkatkan penjualan dengan “impulse buying.” Retrieved from Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/ireporters/uang/tips-meningkatkan-penjualan-dengan-impulse-buying.html

Musyafi, A., Iskandar, K., & Undartik, S. (2022). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada konsumen Swalayan Nirmala Brebes. Journal Economics and Management (JECMA), 3(01), 22–30.

Neliti.com, K. (2014). Pengaruh hedonic shopping motives terhadap shopping lifestyle dan impulse buying (Survei pada pelanggan outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Retrieved 25 September 2014 from https://www.neliti.com/publications/84440/pengaruh-hedonic-shopping-motives-terhadap-shopping- lifestyle-dan-impulse-buying

Rahmawati, N. T. (2018). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 3(1), 1–12.

Redaksi OCBC NISP. (2021). Mengenal impulsive buying, faktor pemicu, & tips mencegahnya. Retrieved from Ocbc Nisp. https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/07/23/impulsive-buying

Rini, A. S. (2019). Permintaan pakaian jadi naik. Retrieved from Kemenperin.Go.Id. https://kemenperin. go.id/artikel/20640/Permintaan-Pakaian-Jadi- Naik

Sampoerna University. (2022). Pengertian skala likert, cara penggunaan dan contoh. Retrieved from Sampoernauniversity.Ac.Id. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-skala-likert-cara- penggunaan-dan-contoh/

Sendari. (2021). Opini adalah pendapat individu atau kelompok, ketahui ciri dan jenisnya. Retrieved from Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/opini/read/5294337/opini-adalah-pendapat-individu-atau- kelompok-ketahui-ciri-dan-jenisnya

SIMILARWEB. (2023). Bershka.com traffic analytics. Retrieved from https://www.similarweb.com/ website/bershka.com/

Sucidha, I. (2019). Pengaruh fashion involvement, shopping lifestyle, hedonic shopping value dan positive emotion terhadap impulse buying produk fashion pada pelanggan Duta Mall Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31602/atd.v3i1.1705

Utami, T. (2017). Studi lapangan.

Tutorialspoint.com, S. (2023). Post-purchase behavior of consumers. Retrieved 30 Maret 2023 from https://www.tutorialspoint.com/post-purchase-behavior-of-consumers

Writer, R. C. (2020). Shopping experience: what is and 8 tactics to delight your customers. Retrieved 14 September 2020 from https://rockcontent.com/blog/shopping-experience/

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1), 360–368.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Giveline, V. A., Japarianto, E., & Tandijaya, T. N. B. (2024). PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI SHOPPING LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DARI BERSHKA PAKUWON MALL. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(2), 81–94. https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.2.81-94