PENGARUH DINING EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUSTIC MARKET BY THE LAKE RESTORAN GRAHA NATURA SURABAYA

Authors

  • Jesslyn Meillycent Universitas Kristen Petra
  • Steven Jonathan Oslan Universitas Kristen Petra
  • Adriana Aprilia Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.31-40

Keywords:

Dining experience, kualitas makanan dan minuman, kualitas layanan, kepuasan konsumen, Rustic Market by The Lake

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas makanan dan minuman, kualitas layanan, dan lingkungan fisik yang merupakan dimensi dari dining experience terhadap kepuasan konsumen di Rustic Market by The Lake Graha Natura Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 106 sampel. Metode analisa data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan lingkungan fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Rustic Market by The Lake Graha Natura Surabaya, sedangkan kualitas makanan dan minuman memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen di Rustic Market by The Lake Graha Natura Surabaya.

Author Biography

Adriana Aprilia, Universitas Kristen Petra

SINTA ID: 6680994, GS ID: rIkmcTIAAAAJ&hl

References

Alfaridzi, M. F., & Meita S. B. (2021). Hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 17-31

Andika, I. S., & Tri S. (2021). Pengaruh atribut dining experience terhadap kepuasan pelanggan pada Kebun Coklat Cafe & Resto Balongbendo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1069-1075.

Canny, I. U. (2014). Measuring the mediating role of dining experience attributes on customer satisfaction and its impact on behavioral intentions of casual dining restaurant in Jakarta. International Journal of Innovation, Management and Technology, 5(1), 25- 29.

Evirasanti, M., Rahyuda, K., & Kerti Yasa, N. N. (2016). Pengaruh kualitas makanan, kualitas layanan dan lingkungan fisik terhadap kepuasan dan behavioral intentions (Studi di Metis Restaurant). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(12), 4331-4358

Hansen, K.V. (2014). Development of SERVQUAL and DINESERV for measuring meal experiences in eating establishments. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism, 14(2), 116 - 134.

Kementerian Perindustrian. (2022, July 5). Kontribusi Industri Makanan dan Minuman Tembus 37,77 Persen. Retrieved from https://www.kemenperin.go.id/artikel/23393/Kontribusi-Industri%20Makanan-danMinuman-Tembus-37,77-Persen

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). According to Koller & Keller: Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Lestari, N. E. P. (2020). Hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Waroeng Steak and Shake Cabang Margonda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 18(2), 107-115.

Margo, J. S., & Pratiknyo, C. (2020). Pengaruh dining experience terhadap kepuasan konsumen di Restoran Surabaya pada era new normal. Jurnal Hospitality dan Manajemen, 9(1), 1-16.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi, 7(2), 113-125

Richardson, S., Lefrid, M., Jahani, S., Munyon, M. D., & Rasoolimanesh, S. M. (2019). Effect of dining experience on future intention in quick service restaurants. British Food Journal, 121(11), 2620-2636.

Skawanti, J. R., & Suhendar, R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Restoran Raisha Butik Hotel Bogor. Jurnal Industri Pariwisata, 5(1), 111- 121.

Suhartanto, A. Y., & Hidayat, A. (2018). Pengaruh kualitas lingkungan fisik, makanan, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra restoran, dan word of mouth (Studi kasus pada Hotel Manohara Center of Borobudur Study). Seminar Nasional dan The 5th Call for Syariah Paper. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan & Keahlian. (6th ed.). Surabaya, Indonesia: Selemba Empat.

Yong, C. K., Siang, D. O. C., Lok, T. Y., & Kuan, W. Y. (2013). Factors influencing dining experience on customer satisfaction and revisit intention among undergraduates towards fast food restau-rants. (Unpublished doctoral dissertation) Bachelor of International Business (HONS). University Tunku Abdul Rahman, Petaling Jaya, Malaysia.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Meillycent, J., Oslan, S. J., & Aprilia, A. (2023). PENGARUH DINING EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUSTIC MARKET BY THE LAKE RESTORAN GRAHA NATURA SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 31-40. https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.31-40

Issue

Section

Articles