FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED VALUE DAN IMPLIKASINYA KEPADA INTENTION TO SUBSCRIBE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP SOCIAL INFLUENCE PADA APLIKASI STREAMING FILM DISNEY PLUS HOTSTAR

Authors

  • Niko Juliandhono Universitas Pelita Harapan
  • Margaret Pink Berlianto Universitas Pelita Harapan

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.77-86

Keywords:

Perceived value, intention to subscribe, social influence, streaming, Disney Plus Hotstar

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk menginvestigasi faktor apa saja yang dapat mempengaruhi atau menghambat niat individu untuk berlangganan aplikasi streaming berbayar Disney Plus Hotstar. Penelitian ini juga dilakukan berdasarkan hubungan antara dua variabel utama yaitu Perceived Value dan implikasinya terhadap Intention to subscribe. Populasi dari penelitian ini adalah individu dalam usia produktif, berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Banten dan pastinya yang berlangganan aplikasi streaming Disney Plus Hotstar dengan durasi berlangganan dari satu sampai tiga bulan, empat sampai enam bulan, tujuh sampai sembilan bulan, sembilan sampai dua belas bulan dan sudah lebih dari satu tahun. Hasil empiris dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguna memperhitungkan nilai yang dirasakan, manfaat yang dirasakan dan kompatibilitas yang dirasakan dapat berpengaruh positif terhadap keinginan untuk berlangganan aplikasi streaming Disney Plus Hotstar. Selain faktor tersebut, terdapat pengaruh sosial sebagai faktor eksternal yang dapat mempengaruhi keinginan untuk berlangganan aplikasi streaming Disney Plus Hotstar. Sedangkan biaya dan perbandingan terhadap kegunaan aplikasi streaming ilegal adalah faktor penghalang untuk individu berlangganan aplikasi streaming Disney Plus Hotstar. Penelitian ini disusun dengan harapan dapat memberikan pandangan pengguna terhadap aplikasi streaming berbayar Disney Plus Hotstar sebagai acuan atau panduan kepada pemilik dan pengembang agar dapat memperluas konsumen, memberikan nilai tambahan terhadap konsumen dan mengetahui apa saja penghambatnya.

References

Aydin, G. (2016). Adoption of Mobile Payment Systems: A Study on Mobile Wallets. Pressacademia, 5(1), 73–73.

Bagla, R.K., & Sancheti, V. (2018). Gaps in Customer Satisfaction with Digital Wallets: Challenge for Sustainability. Journal of Management Development.

Cha, J. (2011). Exploring the Internet as A Unique Shopping Channel to Sell Both Real and Virtual Items: A Comparison of Factors Affecting Purchase Intention and Consumer Characteristics. Journal of Electronic Commerce Research, 12(2), 115-132.

Davis, B., & Warshaw. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison Of Two Theoretical Models. Management Science (online), 35(8), 982.

Gao, L., & Waechter, K.A. (2017). Examining the Role of Initial Trust in User Adoption of Mobile Payment Services: An Empirical Investigation. Information Systems Frontiers. https://doi.org/10.1007/s10796-015-9611- 0

Kassim, A.W., Igau, O.A., & Harun A. (2014). Mediating Effect of Customer Satisfaction on Perceived Product Quality, Perceived Value, and Their Relation to Brand Loyalty. International Journal of Research in Management & Business Studies, 1(2), 13-18.

Kim, H.W., Chan, H.C., & Gupta, S. (2007). Value-Based Adoption of Mobile Internet: An Empirical Investigation. Decision Support Systems, 43(1), 111-126.

Kleijnen, M., De Ruyter, K., & Wetzels, M. (2007). An Assessment of Value Creation in Mobile Service Delivery and the Moderating Role of Time Consciousness. Journal of Retailing, 83(1), 33-46.

Teo, T.S., & Yu, Y. (2005). Online Buying Behavior: A Transaction Cost Economics Perspective. Omega, 33(5), 451-465.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly: Management Information Systems. https://doi.org/10.2307/41410412

Wang, E.S., & Nicole Pei-Yu Chou. (2014). Consumer Characteristics, Social Influence, and System Factors on Online Group-Buying Repurchasing Intention. Journal of Electronic Commerce Research, 15.

Wu, Jen-Her, & Wang, Shu-Ching. (2005). What Drives Mobile Commerce? An Empirical Evaluation of the Revised Technology Acceptance Model. Elsevier, Information dan Management, 42.

Yang, H., Yu, J., Zo, H., & Choi, M. (2016). User Acceptance of Wearable Devices: An Extended Perspective of Perceived Value. Telematics and Informatics, 33(2), 256-269.

Yu, J., Lee, H., Ha, I., & Zo, H. (2017). User Acceptance of Media Tablets: An Empirical Examination of Perceived Value. Telematics and Informatics, 34(4), 206-223.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Juliandhono, N., & Berlianto, M. P. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED VALUE DAN IMPLIKASINYA KEPADA INTENTION TO SUBSCRIBE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP SOCIAL INFLUENCE PADA APLIKASI STREAMING FILM DISNEY PLUS HOTSTAR. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 77-86. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.77-86