KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI CITRA MEREK BERDASARKAN EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN EPIC MODEL STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA.COM

Authors

  • Annisa Een Enjelina Universitas Bengkulu

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.57-66

Keywords:

Citra merek, kunci utama periklanan, metode epic model

Abstract

Penelitian ini menguji toko online (E-Commerce) khususnya online travel dan mengacu pada keputusan pembelian online pada citra merek berdasarkan efektivitas periklanan. Salah satunya adalah PT Trinusa Travelindo atau Traveloka yang bergerak di bidang yang membutuhkan online dan Traveloka.com memiliki inovasi layanan jual beli tiket online yang fokus pada online. Epic Model adalah metode yang paling akurat untuk mengukur efektivitas iklan. yang telah terlayani di masyarakat dibandingkan dengan model pengukuran menggunakan Customer Response Index (CRI) dan Direct Rating Method (DRM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan keputusan pembelian online melalui brand image berdasarkan efektivitas periklanan dengan studi epicmodel pada konsumen Traveloka.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dan menyebarkannya kepada responden secara online. Data diperiksa menggunakan smartPLS 3.2.9. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) efektivitas periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas periklanan, 2) citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.3) efektivitas periklanan adalah signifikan dan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian 4) citra merek dimoderasi dengan memperkuat pengaruh efektivitas iklan terhadap keputusan pembelian.

References

A. Rares., & R.J. Jorie. (2015). The Effect of the Price, Promotion, Location, Brand Image and Quality Products Towards the Purchase Decision of Consumers at Bengkel Gaoel Store Manado Town Square”. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi (Jurnal EMBA), 3, 592-604.

A. Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (5 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi, 22, 103-150.

Achmadi, A., & Narbuko. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Adetunji, R., Nordin, S., & Noor, S. (2014). The Effectiveness of Integrated Advertisement Message Strategy in Developing Audience-Based Brand Equity. Global Business & Management Research, 6(4).

Ahmed, S., & Ashfaq, A. (2013). Impact of Advertising on Consumers‘ Buying Behavior through Persuasiveness, Brand Image, and Celebrity endorsement. Global Media Journal, 6(2), 149.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Augusty, & Ferdinand. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Edisi 2, BP UNDIP, Semarang.

Ayu, K., Indrawati, P., Sudiarta, I., & Suardana, I. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. 17(2), 78-83.

Baron, & Kenney. (1986). The Moderator Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research.

Bearden, W., Thomas, N., & Raymond , W. (2007). Marketing Principles and Perspectives (Fourth ed.). New York: McGrawhil.

Biel, A. (1992). How Brand Image Drives Brand Equity. Journal of Advertising.

Bram, & Farola, Y. (2005). Analisis Efektifitas Iklan Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Perusahaan Percetakan dan Penerbitan PT. Rambang Dengan Menggunakan EFIC Model. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 3(6), 1-23.

Cannon, J., W.D, P., & E.J, M. (2009). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global (Vol. 16). Jakarta: Salemba Empat.

Chaman, J. & Russ, W. (1999). A Rvision and Empirical Test of the Extended Price-Perceived Quality Model. Journal of Marketing. P. 53-64.

Chan, J., Jiang, Z., & Tan, B. (2009). Understanding Online Interruption-Based Advertising: Impacts of Exposure Timing, Advertising Intents, and Brand Image. IEEE Transactions on Engineering Management, 57(3), 365- 379.

Chin, W. W., & Todd, P. A. (1995). On the Use, Usefulness, and Ease of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A Note of Caution. MIS quarterly, 237-246.

Costanza. (2019). Pendahuluan. Retrieved from http://repository.wima.ac.id/19196/19/BAB%201.pdf. Diakses 9 November 2021.

D. Sembiring, H.S. Nugraha, & B. Prabawani. (2014). Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3.

Durianto, D. (2003). Investasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: Erlangga.

Emzir. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Edisi Ketiga, Fakultas Ekonomi UNDIP, Semarang.

Fitriana, S. (2013). Pengaruh Efektivitas Iklan terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Citra Merek. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi Smart PLS 2.0 M3. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Haerani, Y., & Mudiantono, M. (2015). Pengaruh Efektivitas Iklan terhadap Citra Merek serta Dampaknya pada Minat Beli Sampo Pantene (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 603-613.

Hair, Anderson, R., Tatham, R., et al.,. (1995). Multivariate Data Analysis, 3rd eds. In: New York: Macmillan.

Hair, et al. (2005). Multivariate Data Analysis, 5 Ed. Prentice Hall, Upper Sadle River, New Jersey.

Hair, Black, Wc., Babin, Bj., & Anderson, Re. (2010). Multivariate Data Analysis, 7.

Hastuti, S. (2013). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 67-72.

Higie, R., & Murphy, A. (1991, April/May 31). Using Recall and Brand Preference to Evaluate Advertising Effectiveness. Journal of Advertising Research,, 56-63.

Indah & Maulida. (2017). Analisis Efektivitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model. Jurnal Penelitian Ekonomi Akutansi (JENSI), 1(2).

Indirani, F., & Herdianti, D. (2009). Studi Mengenai Efektifitas Iklan terhadap Citra Merek Maskapai Garuda Indonesia. Indonesian Journal of Marketing Science, 8(1).

Indrawan, R., & Yaniawati, R. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Indriarto, & Fidelis. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 5(3), 243-268.

Irawan, H. (2020). Top Brand Index Fase 2 2019 Kategori Situs Online Bookting Tiket. Retrieved from https://www.topbrand-award.com/en/2019/07/situs-online-booking-tiket-pesawat-dan-travel- fase-2-2019/ Diakses 5 April 2021.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia.

Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity Second Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Keller, K. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Prentice Hall, New Jersey.

Keller, K. (2013). Brand Equity and Integrated Communication. In Integrated Communication. Psychology Press, 113- 142.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12. Alih Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey:Pearson Education Limited.

Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management 15 Edition: Global Edition. England: Pearson Education Limited. Kotler, P., & Kevin, L. (2007). Manajamen Pemasaran 1 (12 ed.). Jakarta: PT. Indeks.

________. Manajemen Pemasaran 2 (12 ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Kuncoro, Sanie, B. (2009). Mimpi Bayang Jingga. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Laskey, Fox, & Crask. (1995). The Relationship Between Advertising Message and Strategy Televisison Commercial Effectiveness. Journal of Advertising Research.

Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogero.

Leather, P., Sally McKechnie, & Manon Amirkhanian. (1994). The Importance of Likeability as a Measure of Television Advertising Effectiveness. International Journal of Advertising, 13(3), 256-281.

Low, G., & Lamb Jr, C. (2000). The Measurement and Dimensionality of Brand Associations. Journal of Product and Brand Management, 9(6).

Lutfie, H., & Marcelino, D. (2020). Creating Online Purchase Decision and brand Image based on Advertising Efectiveness With EPIC Model. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(3), 346-366.

MacKinnon, D.P., & Dwyer. J.H. (1993). Estimating Mediated Effects In Prevention Studies. Evaluation Review, 17, 144-158

Malhotra, N. K., Agarwal, J., & Peterson, M. (1996). Methodological Issues in Cross‐Cultural Marketing Research. International marketing review.

Malik, Ehsan, M., Ghafoor, Mudasar, M., & Kashif, I.H. (2013). Impact of Brand Image, Service Quality and Price on Customer Satisfaction in Pakistan Telecommunication Sector. International Journal of Business and Social Science, 3(23).

Maqdissa & Nurfebiaraning (2018) Pengaruh Efektivitas Iklan dengan Daya Tarik Humor terhadap Citra Merek”. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 2.

Marcelino, D. (2020). Green Purchase Intention Pada Konsumen Nutrifood di Bandung: Peran Environment Concern Dengan Mediasi Green Trust. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 4(1), 1-20.

Masikah, A., & Alwie, A. (n.d.). Pengaruh Efektivitas Iklan Exclusive Series Dewisandra terhadap Brand Image dan Keputusan Pembeliankosmetik Wardah di Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 8(2).

Morissan. (2014). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (Vol. 1). Jakarta: PT Penerbit Erlangga.

Munshi J.A. (2014). Method for Constructing Likert Scales. SSRN Electron J.

Naresh, K., Malhotra. (2009). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan, Jilid I, Edisi Keempat. PT Indeks, Jakarta.

Nugroho, A.W. (2016). Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matik Yamaha di Semarang. Eprints. dinus. ac. id/8615.

Park, C., Jaworski, B., & Maclnnis, D. (1986). Strategic Brand Concept-Image Management. Journal of Marketing, 50(4), 135–145.

Park, C., & V.S. (1994, May). A Survey-Based Method for Measuring and Understanding Brand Equity and Its Extendibility. Journal of Marketing Research, 31, 271-288.

Pawita & Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Penerbit MediaIndonesia.com (2019, 20 Februari). Perdagangan Elektronik Indonesia Terus Bertumbuh. Retrieved from

https://mediaindonesia.com/ekonomi/218071/perdagangan-elektronik-indonesia-terus-tumbuh. Diakses pada 15 Oktober 2021.

Penerbit Similiarweb.com. (2017, Juni). Peringkat Situs Penjualan Tiket Pesawat Terpopular di Indonesia Periode Januari 2017. Retrieved from https://www.similarweb.com/ Website Traffic - Check and Analyze Any Website | Similarweb. Diakses pada 15 Oktober 2021.

Penerbit Similiarweb.com. (2021) Trafific Website Traveloka.com. Retrieved from

https://similiarweb.com/website/traveloka.com/. Diakses pada 15 Oktober 2021.

Penerbit Sindonews.com. (2020, 29 Desember). Menyedihkan Bisnis Agen Travel 90% Megap-Megap. Retrieved from

https://ekbis.sindonews.com/read/284182/34/menyedihkan-bisnis-agen-travel-90-megap-megap-1609247579. Diakses pada 15 Oktober 2021.

Penerbit Themebeez. (2020, 28 Januari). Perkembangan Internet Saat Ini. Retrieved from https://homecareassistancentracy.com/perkembangan-internet-saat-ini. Diakses pada 15 Oktober 2021

Penerbit Wikepedia. (2021, 28 Mei). Traveloka. Retrieved from

https://id.wikipedia.org/wiki/Traveloka. Diakses pada 15 Oktober 2021.

Pitta, D., & Katsanis, L. (1995). Understanding Brand Equity For Successful Brand Extension. Journal of Consumer Marketing, 12(4), 51-64.

Prasetyo, A. (2019, February 20). Perdagangan Elektronik Indonesia Terus Tumbuh. Retrieved April 2021, from https://mediaindonesia.com/ekonomi/218071/perdagangan-elektronik-indonesia-terus-tumbuh.html

Preacher, K.J, & Hayes, A.F. (2004). SPSS and SAS Procedures for Estimating Indirect Effects in Simple Mediation Models. Behavior Research Methods, Instruments, & Computers, 36(4), 717-731. Psychonomic Society, Inc.

Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Pura, A. H. (2005). Brand Image pada Sektor Jasa Pendidikan. Jurnal Bina Ekonomi, 9(2).

Rangkuti, F. (2017). Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rares, A., & Jorie, R. (2015, Juni). The Effect of the Price, Promotion, Location, Brand Image, and Quality of Product Toward the Purchase Decision of Consumers at Bengkel Gaoel Store. Jurnal EMBA, 3(2), 592-604.

Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia. Penelitian Online, 12, 230-238.

Sangadji, E. (2010). Metodologi Penelitian–Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Santoso, Singgih. (2014). Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan Amos 22. Elex Media Komputindo.

Santoso, Slamet. (2009). Dinamika Kelompok, Edisi Revisi cetakan ke III. Jakarta : Bumi Aksara.

Sarwono, J. (2019, Januari). Mengubah Data Ordinal ke Data Interval dengan Metode Suksesif Interval (MSI). Penerbit Adoctips. Retrieved from https://adoc.pub/queue/mengubah-data-ordinal-ke-data-interval-dengan-metode-suksesi.html. Diakses pada 18 November 2021

Schiffman, & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen Ed. 7. Jakarta: PT Indek Gramedia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swasta, B. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Enjelina, A. E. (2022). KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI CITRA MEREK BERDASARKAN EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN EPIC MODEL STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA.COM. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 57-66. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.57-66