PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PT SARANA BANDAR LOGISTIK

Authors

  • Febri Indra Prabowo Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
  • Yulianti Keke Institut Transportasi dan Logistik Trisakti https://orcid.org/0000-0002-0862-9781
  • Bambang Istidjab Institut Transportasi dan Logistik Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.75-82

Abstract

Perkembangan perusahaan pelayaran dalam bidang pengangkutan dan penanganan muatan dari waktu ke waktu semakin menjadi kepedulian konsumen. PT Sarana Bandar Logistik, anak perusahaan PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) yang melaksanakan kegiatan logistik tranportasi laut di negara kita, diharuskan mengembangkan kualitas pelayanan kepada konsumen dengan menaikan kualitas kerja masing-masing bidang dengan melaksanakan sistem, metode atau yang sudah di atur pada kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang siginifikan dari variabel Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian dengan kontribusi sebesar 59,3%, dan 40,7% merupakan pengaruh dari faktor lain. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penulis menyimpulkan bahwa strategi pemasaran dan kualitas pelayanan secara bersama berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian konsumen pada PT Sarana Bandar Logistik.

References

Amhar, F. (2012). Pengaruh Kompetensi Financial Advisor dan Kualitas Layanan Bank Terhadap Keputusan Pembelian Barang Produk Bancas-surance Pada PT AXA Mandiri Finansial Service. Semarang: Universitas Diponegoro.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Harahap, E. F. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Kendaraan Bermotor pada PT Asuransi Sinarmas Cabang Garut. Journal of Knowledge Manage-ment 12(1): 12-20.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta.

Kotler, P and Amstrong, G. (2012). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P and Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P and Amstrong, G. (2016). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P and Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Kuswaraningtyas, H. L. (2017). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Tempat dan Lokasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus pada Pelanggan PT. Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Majid, S. A. (2015). Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Schiffman, L., and Kanuk, L. L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publi-shing Service).

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, F dan Chandra, G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi offset.

Downloads

Published

2021-09-10