PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI DIFERENSIASI PRODUK DAN DIFERENSIASI CITRA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN IKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Ela Wulandari Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang 50229, Indonesia
  • Indri Murniawaty Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang 50229, Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.69-77

Keywords:

Competitive advantage, image differentiation, marketing performance, product differentiation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan diferensiasi citra terhadap keunggulan bersaing dan pengaruhnya terhahadap kinerja pemasaran Industri Kecil Menengah Kopi di Kabupaten Temanggung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 156 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional area random sampling, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 61 responden dengan taraf signifikansi 10%. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SEM PLS (Structural Equation Modeling Partial Least Square). Hasil analisis menunjukkan hasil yang signifikan dan positif dari diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing, sedangkan diferensiasi citra tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan yang diperoleh adalah semakin tinggi perusahaan menerapkan strategi diferensiasi produk maka akan meningkatkan keunggulan bersaing, namun semakin tinggi diferensiasi citra yang diterapkan perusahaan belum tentu meningkatkan keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing meningkatkan kinerja pemasaran

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Asa, M. F. (2008). Faktor-Faktor Kritis dalam Sistem Manajemen Mutu (SMM) untuk Optimasi Profitabilitas dan Daya Saing Perusahaan Jasa Konstruksi di Indonesia. Jurnal Teknik Sipil, 15(3), 99–106.

Crevens, D. W. (1996). Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.

Dewi, S. T. (2006). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pema-saran (Studi pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan) TESIS Diajukan untuk memenuhi sebagian syarat guna memper¬oleh derajat sarja. UNDIP.

Ferdinand, A. (2003). Keunggulan Diferensiasif Dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Bisnis Strategi, 12(8), 1–18.

Frices, H. (2009). Globalisasi: Respons Terhadap Krisis Ekonomi. Jogjakarta: Midi Pustaka.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit-UNDIP.

Hakim, M. A., & Faizah, N. (2017). Analisis Strategi Diferensiasi Citra Perusahaan Dalam Pemasaran Sebagai Upaya Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing ( Studi Pada Pt . Ar Tour & Travel ). Bisnis, 5(2), 383–406.

International Coffee Organization. (2019). Full-Text. London: International Coffe Organization.

Jill, G. (2003). Customer Loyalty=Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Diterjemah). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran edisi Milinium 1. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kung’u, P. W., & Machuki, V. (2016). An Analysis Of The Effect Of Competitive Strategies On Performance : A Survey of Mfis in Kenya. Journal of Business and Strategic Management (JBSM), 1(2), 21–41.

Lestari, D. E. (2005). Analisis Strategi Diferensiasi Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. UNDIP.

Muchlas, Z. (2015). Strategi Inovasi Dan Daya Saing Industri Kecil Menengah (Ikm) Agro Industri Di Kota Batu. Jurnal JIBEKA, 9(2), 78–91.

Muntaha, A. S., & Sutrisna, E. (2018). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Loyalitas Konsu-men Bisnis Jasa Pengiriman Pt. Pos Indonesia (Persero) Pekanbaru. Jom Fisip, 5(1), 1–15.

Paryanti, R. (2015). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Hotel resty Menara Pekanbaru). JOM FISIP, 2(2), 2–13.

Perkebunan, D. J. (2017). Statistik Perkebunan Indonesia 2015-2017 Kopi. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan dan Kementrian Pertanian.

Putu, N., & Erna, D. (2017). Membangun Keunggulan Bersaing Pada Hotel Alila Ubud Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia 6(11), 6120–6140.

Sahetapy, J. P. (2013). Diferensiasi Produk, Strategi Merek, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pem-belian Meubel UD Sinar Sakti Manado. EMBA, 1(3), 411–420.

Saiman, L. (2015). Kewirausahaan Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Satwika, N. K. P., & Ni Made W.K.D. (2018). Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia. P, 7(3), 1481–1509.

Sismanto, A. (2006). Analisis Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkat¬kan Kinerja Pemasaran. UNDIP.

Suendro, G. (2010). Analisis Pengaruh Inovasi Pro¬duk Melalui Kinerja Pemasaran untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan). Jurnal Sains Pemasaran Indone¬sia, IX(2), 230–243.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranoto, M. (2009). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar. UNDIP.

Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Tampi, N. (2015). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT. Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA, ISSN: 2303-1174, 3(4), 68–81.

Tarida, Y. (2012). Ekonomi pembangunan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 10(2), 124–142.

Vanessa, D. C., & Hendra, N. T. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning. Jurnal EMBA, 2(3), 1214–1224.

Wahyono. (2002). Orientasi Pasar dan Inovasi : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1), 23–40.

Wu, C. C., Liao, S. H., Chen, Y. J., & Hsu, W. L. (2011). Service Quality, Brand Image And Price Fairness Impact On The Customer Satisfaction And Loyalty. IEEE International Conference On Industrial Engineering And Engineering Management, 1160–1164.

Zimmerer, T. W. dan N. M. S. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Wulandari, E., & Murniawaty, I. (2019). PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI DIFERENSIASI PRODUK DAN DIFERENSIASI CITRA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN IKM KOPI DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 69-77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.69-77