ANALISA PENGARUH FAMILY TYPES, FAMILY STAGES, DAN HOUSEHOLD CONFLICT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL KELUARGA

Authors

  • Edwin Japarianto

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.32-40

Keywords:

Family types, family stages, household conflict, pengambilan keputusan.

Abstract

Penelitian membahas family types, family stages, dan household conflict pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil keluarga di Surabaya. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dari pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya dan berminat membeli mobil keluarga. Pengukuran dilakuan dari variable family types (X1) dengan indikator nuclear family dan exended family, variable  family stages (X2) dengan indikator  joint, wife dominant, husband dominant dan variabel household conflict (X3) dengan indikator consensual purchase decision, accomodarive purchase decision sebagai variable independen sedangkan pengambilan keputusan (Y) sebagai variable dependen, hasil penelitian menunjukkan: (1) variable X1 memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian; (2) variable X2 memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian; (3) variable X3 memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan variable X2 memiliki pengaruh paling besar.

References

“Penjualan Mobil 2012 Cetak Rekor Tertinggi.” Muhammad Ikhsan. 2013. 14 Januari 2013. <www.oto.detik.com> [CrossRef]

Blackwell, R.D, Engel, J.F, & Miniard, P.W. (2006). Consumer Behavior, 10th ed. Canada: Thomson South Western. [CrossRef]

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga. [CrossRef]

J. Linchosten dan Mansyur. (1983). Pengantar Ilmu Jiwa Fenomenologi. Bandung: Jemmars. [CrossRef]

Sciffman, L.G, Kanuk, L.L. (2007). Consumer Behavior, 9thed. New Jersey: Pearson Prentice Hall [CrossRef]

Sciffman, L.G, Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behavior, 10thed. New Jersey: Pearson Prentice Hall [CrossRef]

Solomon, M.R. (2009). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being, 8thed. New Jersey: Pearson Prentice Hall [CrossRef]

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Bisnis: Pende-katan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta [CrossRef]

Uzulens, Viesturs. (2012) “Joint Decisionmaking Roles Between Spouses in Latvia When Buying a Family Car” BSc in Business. VU84938. April 2012 <www.pure.au.dk.com> [CrossRef]

Downloads

Published

2017-04-01

How to Cite

Japarianto, E. (2017). ANALISA PENGARUH FAMILY TYPES, FAMILY STAGES, DAN HOUSEHOLD CONFLICT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL KELUARGA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 32-40. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.32-40

Issue

Section

Articles