ANALISIS PENGARUH PIONEER- STATUS SEBUAH MEREK TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM KATEGORI PRODUK VITAMIN C 500mg

Cynthia Yulita Wardayanti




Abstract


This research investigated the effect of pioneer brand status on consumer attitude in Vitamin C500mg tablet category by comparing the attitude toward Vitacimin as the pioneer brand and Xon-Ce as the follower brand. The effect of consumer knowledge about pioneer status was singled out by dividing the sample into two groups based on their knowledge about Vitacimin's pioneer-status. Group 1 consisted of people who knew that Vitacimin was the pioneer brand while the people who did not know Vitacimin's pioneer-status belonged to group 2. The result of this research confirmed the result of previous researches that consumer has better attitude toward pioneer brand compared to follower brand. However, this research failed to prove that the knowledge of pioneer-status had significant effect on consumer attitude.


Abstract in Bahasa Indonesia :

Penelitian ini menguji pengaruh status pionir sebuah merek terhadap sikap konsumen dalam kategori produk tablet hisap vitamin C 500mg dengan membandingkan sikap konsumen terhadap Vitacimin sebagai merek pionir dan Xon-Ce sebagai merek pengikut. Pengaruh pengetahuan konsumen tentang status pionir merek Vitacimin diuji dengan membagi sampel menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang tahu tentang status pionir (pioneer-status) merek Vitacimin (Kelompok 1) dan kelompok yang tidak tahu bahwa Vitacimin merupakan merek pionir (Kelompok 2). Hasil penelitian ini menguatkan penelitian-penelitian sebelumnya bahwa konsumen mempunyai sikap yang lebih baik terhadap merek pionir daripada terhadap merek pengikut, namun penelitian ini gagal membuktikan bahwa pengetahuan konsumen tentang status pionir sebuah merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap kosumen.

Kata kunci: merek pionir, merek pengikut, pengetahuan tentang status pionir, Vitacimin, Xon-Ce.


Keywords


pioneer brand, follower brand, pioneer status knowledge, Vitacimin, Xon-Ce.

Full Text: PDF


Copyright © Research Center Web-Dev Team