PENGARUH STREAMER ATTRACTIVENESS DAN PARA-SOCIAL INTERACTION TERHADAP AROUSAL DAN IMPULSIVE BUYING PADA TIKTOK LIVE SHOPPING

Authors

  • Melissa Angelina Petra Christian University
  • Yohan Gunawan Henuk Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.2.115-122

Keywords:

streamer attractiveness, para-social interaction, arousal, impulsive buying

Abstract

Pengguna aktif sosial media di Indonesia semakin meningkat membuat bisnis online melalui media sosial semakin banyak. Dengan adanya platform berniaga secara online memudahkan penjual dan pembeli untuk berkomunikasi. Meningkatnya penggunaan metode live streaming membuat aplikasi di TikTok semakin berkembang pesat. Berdasarkan studi terdahulu, variabel yang dapat mempengaruhi live streaming adalah streamer attractiveness dan para-social interaction. Kedua variabel ini dapat mempengaruhi arousal dan impulsive buying. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari streamer attractiveness dan para-social interaction terhadap arousal dan impulsive buying pada TikTok Live Shopping. Penelitian ini menggunakan 135 responden laki-laki dan perempuan berusia 18-45 tahun yang pernah menonton live stream TikTok 1 kali seminggu dalam waktu 6 bulan terakhir. Pengolaan data kuantitatif menggunakan program Partial Least Square (PLS). Proses analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS melalui dua tahapan utama yaitu evaluasi outer model dan inner model. Teknik analisa data yang digunakan selanjutnya adalah uji T. Dari hasil analisa data, ditemukan bahwa streamer attractiveness dan para-social interaction berpengaruh positif terhadap arousal dan arousal berpengaruh positif terhadap impulsive buying.

References

Andriyawan, D., & Wulandari, D. (2023, June 15). Live streaming shopping diprediksi bakal jadi masa depan tren belanja online tanah air. Bisnis.com. https://bandung.bisnis.com/read/20230615/549/1666013/live-streaming-shopping-diprediksi-bakal-jadi-masa-depan-tren-belanja-online-tanah-air

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19 -5/E. Open Library. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/15481/aplikasi-analisis-multivariate-dengan-program-ibm-spss-19-5-e-.html

Ha, N. M., & Lam, N. H. (2016). The effects of celebrity endorsement on customer’s attitude toward brand and purchase intention. International Journal of Economics and Finance, 9(1), 64. https://doi.org/10.5539/ijef.v9n1p64

Haidt, J. (2000). The positive emotion of elevation. Prevention & Treatment, 3(1). https://doi.org/10.1037/1522-3736.3.1.33c

Horton, D., & Wohl, R. R. (1956). Mass communication and para-social interaction. Psychiatry, 19(3), 215–229. https://doi.org/10.1080/00332747.1956.11023049

Nuryani, S., Pattiwael, W. P., & Iqbal, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengguna aplikasi Tiktokshop. EKONOMIS Journal of Economics and Business, 6(2), 444. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.567

Parboteeah, D. V., Valacich, J. S., & Wells, J. D. (2008). The influence of website characteristics on a consumer’s urge to buy impulsively. Information Systems Research, 20(1), 60–78. https://doi.org/10.1287/isre.1070.0157

Pengguna TikTok Indonesia gempar, potensi cuan menggelegar! - Ginee. (2021, November 8). Ginee. https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/

Piron, F. (1991). Defining impulse purchasing. ACR North American Advances. https://www.acrwebsite.org/volumes/7206

PT Global Jet Ecommerce. (2022, November 28). Apa itu live commerce? Simak tren live commerce yang perlu diperhatikan untuk beberapa tahun kedepan | Jet Commerce. Jet Commerce. Retrieved September 19, 2023, from https://jetcommerce.co.id/update/apa-itu-live-commerce/

Shen, K. N., & Khalifa, M. (2012). System design effects on online impulse buying. Internet Research, 22(4), 396–425. https://doi.org/10.1108/10662241211250962

Singer, B. D. (1983). The case for using real people in advertising. Business Quarterly.

Sugiyono, P. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43&keywords=

Taherdoost, H. (2016). Sampling methods in research methodology; How to choose a sampling technique for research. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205035

Thayer, R. E. (1990). The biopsychology of mood and arousal. Choice Reviews Online, 28(03), 28–1830. https://doi.org/10.5860/choice.28-1830

Toko TikTok makin ramai, Shopee dan Lazada kena getahnya. (2023, May 26). CNBC Indonesia. Retrieved September 19, 2023, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230526130259-37-440882/toko-tiktok-makin-ramai-shopee-dan-lazada-kena-getahnya

Widi, S. (2023, February 3). Pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta pada 2023. Data Indonesia: Data Indonesia for Better Decision. Valid, Accurate, Relevant. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Xu, X., Niu, W., Jia, Q., Nthoiwa, L., & Li, L. (2021). Why do viewers engage in video game streaming? The perspective of cognitive emotion theory and the moderation effect of personal characteristics. Sustainability, 13(21), 11990. https://doi.org/10.3390/su132111990

Xu, X., Wu, J., & Li, Q. (2020). What drives consumer shopping behavior in live streaming commerce. Journal of Electronic Commerce Research, 21(3), 144. https://www.questia.com/library/journal/1P4-2438206569/what-drives-consumer-shopping-behavior-in-live-streaming

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Angelina, M., & Henuk, Y. G. (2024). PENGARUH STREAMER ATTRACTIVENESS DAN PARA-SOCIAL INTERACTION TERHADAP AROUSAL DAN IMPULSIVE BUYING PADA TIKTOK LIVE SHOPPING. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(2), 115–122. https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.2.115-122