PENGARUH STREAMER ATTRACTIVENESS DAN PARA-SOCIAL INTERACTION TERHADAP AROUSAL DAN IMPULSIVE BUYING PADA TIKTOK LIVE SHOPPING
DOI:
https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.2.115-122Keywords:
streamer attractiveness, para-social interaction, arousal, impulsive buyingAbstract
Pengguna aktif sosial media di Indonesia semakin meningkat membuat bisnis online melalui media sosial semakin banyak. Dengan adanya platform berniaga secara online memudahkan penjual dan pembeli untuk berkomunikasi. Meningkatnya penggunaan metode live streaming membuat aplikasi di TikTok semakin berkembang pesat. Berdasarkan studi terdahulu, variabel yang dapat mempengaruhi live streaming adalah streamer attractiveness dan para-social interaction. Kedua variabel ini dapat mempengaruhi arousal dan impulsive buying. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari streamer attractiveness dan para-social interaction terhadap arousal dan impulsive buying pada TikTok Live Shopping. Penelitian ini menggunakan 135 responden laki-laki dan perempuan berusia 18-45 tahun yang pernah menonton live stream TikTok 1 kali seminggu dalam waktu 6 bulan terakhir. Pengolaan data kuantitatif menggunakan program Partial Least Square (PLS). Proses analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS melalui dua tahapan utama yaitu evaluasi outer model dan inner model. Teknik analisa data yang digunakan selanjutnya adalah uji T. Dari hasil analisa data, ditemukan bahwa streamer attractiveness dan para-social interaction berpengaruh positif terhadap arousal dan arousal berpengaruh positif terhadap impulsive buying.
References
Andriyawan, D., & Wulandari, D. (2023, June 15). Live streaming shopping diprediksi bakal jadi masa depan tren belanja online tanah air. Bisnis.com. https://bandung.bisnis.com/read/20230615/549/1666013/live-streaming-shopping-diprediksi-bakal-jadi-masa-depan-tren-belanja-online-tanah-air
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19 -5/E. Open Library. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/15481/aplikasi-analisis-multivariate-dengan-program-ibm-spss-19-5-e-.html
Ha, N. M., & Lam, N. H. (2016). The effects of celebrity endorsement on customer’s attitude toward brand and purchase intention. International Journal of Economics and Finance, 9(1), 64. https://doi.org/10.5539/ijef.v9n1p64
Haidt, J. (2000). The positive emotion of elevation. Prevention & Treatment, 3(1). https://doi.org/10.1037/1522-3736.3.1.33c
Horton, D., & Wohl, R. R. (1956). Mass communication and para-social interaction. Psychiatry, 19(3), 215–229. https://doi.org/10.1080/00332747.1956.11023049
Nuryani, S., Pattiwael, W. P., & Iqbal, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengguna aplikasi Tiktokshop. EKONOMIS Journal of Economics and Business, 6(2), 444. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.567
Parboteeah, D. V., Valacich, J. S., & Wells, J. D. (2008). The influence of website characteristics on a consumer’s urge to buy impulsively. Information Systems Research, 20(1), 60–78. https://doi.org/10.1287/isre.1070.0157
Pengguna TikTok Indonesia gempar, potensi cuan menggelegar! - Ginee. (2021, November 8). Ginee. https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/
Piron, F. (1991). Defining impulse purchasing. ACR North American Advances. https://www.acrwebsite.org/volumes/7206
PT Global Jet Ecommerce. (2022, November 28). Apa itu live commerce? Simak tren live commerce yang perlu diperhatikan untuk beberapa tahun kedepan | Jet Commerce. Jet Commerce. Retrieved September 19, 2023, from https://jetcommerce.co.id/update/apa-itu-live-commerce/
Shen, K. N., & Khalifa, M. (2012). System design effects on online impulse buying. Internet Research, 22(4), 396–425. https://doi.org/10.1108/10662241211250962
Singer, B. D. (1983). The case for using real people in advertising. Business Quarterly.
Sugiyono, P. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43&keywords=
Taherdoost, H. (2016). Sampling methods in research methodology; How to choose a sampling technique for research. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205035
Thayer, R. E. (1990). The biopsychology of mood and arousal. Choice Reviews Online, 28(03), 28–1830. https://doi.org/10.5860/choice.28-1830
Toko TikTok makin ramai, Shopee dan Lazada kena getahnya. (2023, May 26). CNBC Indonesia. Retrieved September 19, 2023, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230526130259-37-440882/toko-tiktok-makin-ramai-shopee-dan-lazada-kena-getahnya
Widi, S. (2023, February 3). Pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta pada 2023. Data Indonesia: Data Indonesia for Better Decision. Valid, Accurate, Relevant. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
Xu, X., Niu, W., Jia, Q., Nthoiwa, L., & Li, L. (2021). Why do viewers engage in video game streaming? The perspective of cognitive emotion theory and the moderation effect of personal characteristics. Sustainability, 13(21), 11990. https://doi.org/10.3390/su132111990
Xu, X., Wu, J., & Li, Q. (2020). What drives consumer shopping behavior in live streaming commerce. Journal of Electronic Commerce Research, 21(3), 144. https://www.questia.com/library/journal/1P4-2438206569/what-drives-consumer-shopping-behavior-in-live-streaming
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Melissa Angelina, Yohan Gunawan Henuk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.