DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.51-60

PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PENJUALAN PADA HOME INDUSTRI OLAHAN IKAN DI KABUPATEN TRENGGALEK

Naumi Dwi Yanuar, Harti Harti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja penjualan pada home industri olahan ikan di Kec. Watulimo Trenggalek. Sampel penelitian ini berjumlah 30 pengrajin olah ikan Fish Jelly. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh antara inovasi produk terhadap kinerja penjualan, terdapat pengaruh yang signifikan dari orientasi pasar terhadap kinerja penjualan, serta inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja penjualan pada home industry olahan ikan.


Keywords


Inovasi produk; orientasi pasar; kinerja penjualan; dan home industry

Full Text:

PDF

References


Amin, Miftakhul, dkk. (2019). Analisis Pengaruh Ino-vasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Ber-saing Terhadap Kinerja Pemasaran Di Sen¬tra Industri Mebel Desa Sembungan. Eduno¬mika. Vol.3 No.2

Ananda, Riski. (2016). Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industri Keripik Di Kelurahan Kubu Gadang). Universitas Riau. JPM FISIP. Vol. 3 No. 2

Aprizal. (2018). Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing (studi kasus pada penjualan komputer). Celebes Media Perkasa.

Arafat, Rendy. (2013). Pengaruh Dimensi Sales Skill Terhadap Kinerja Penjualan. Management Ana-ly¬sis Journal. Vol.2 No.1

Ernawati, Diah. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputus¬an Pembelian Produk Hi Jack Sandal Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen. Vol.7 No.1

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono dan Mamiyati. (2017). Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Pro¬duk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Mencipta¬kan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis & Mana¬¬jemen. Vol.17 No.2

Hendrawan, Andi. dkk. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantarsai Cilacap. Jurnal Administrasi dan Kesekretariat-an. Vol 4 No 1.

Lapian, Adelina Agnes. dkk. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. BPR Prisma Dana Amurang. Jurnal EMBA. Vol 4, No 1.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mustika, Diah A, dkk. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industri Kerajinan Kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Blitar. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vo.13 No.2

Nataya dan Susanto. (2018). The Effect of Product Innovation and Service Innovation towards Marketing Performance (Case Study on Plastic Producer in Surabaya). International Journal of Business and Management Invention. Vol.7 No.8

Riyanti, Dwi Prihatin. (2019). Kreativias dan Inovasi di Tempat Kerja. Jakarta. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manu¬al dan Aplikasi SPSS Versi 1. Jakarta: PT Bumi Aksara

Slamet dan Iskandar. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM Sektor Manufaktur Garmen di Tanah Abang Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol. 16 No. 1

Sukmadi. (2016). Inovasi dan Kewirausahaan. Bandung. Humaniora Utama Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumual, K Alvianus. (2013). Pengaruh Knowledge Management dan Corporate Culture Terhadap Inovasi. Jurnal EMBA. Vol. 1 No. 3

Supriyanto, Akhmad, dkk (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada UMKM Kopiah Haji di Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Prosding Seminar Nasional AIMI. Jambi. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Suswanti dan Hidayat. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bersaing terhadap Kinerja Penjualan Home Industri Anyaman Bambu. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 5, No 2. Universitas Diponegoro.

Tamamudin. (2012). Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, presepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Mem-beli dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus Merek Tamina). Jurnal Penelitian. Vol. 9, No. 2, No-vem¬ber 2012. Hal 283-300

Zuhri, Saifudin. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol. 2 No. 3.




DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.51-60



Jurnal Manajemen Pemasaran is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

©All right reserved 2016.Jurnal Manajemen Pemasaran, ISSN: 1907-235X, e-ISSN: 2597-615X

View My Stats