PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE DENGAN MARKETING ORIENTATION DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MINIMARKET INDOMARET DAN INDOMARET POINT DI SURABAYA

Devi Evelyn, Diah Dharmayanti




Abstract


Perkembangan pasar modern semakin berkembang pesat, khususnya di Indonesia pada tahun 2016. Peningkatan pengguna pasar modern juga mempengaruhi para pebisnis untuk mengembangkan bisnis retail minimarket. Minimarket dikenal dengan mini pasar modern yang mengutamakan kenyamanan berbelanja dengan beberapa fasilitasnya.Hal inilah yang berdampak pada semakin tingginya persaingan untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan minimarket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Internal Marketing terhadap Employee Performance pada Indomaret dan indomaret Point di Surabaya dengan Marketing Orientation dan Employee Engagement sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden karyawan Indomaret dan Indomaret Point di Surabaya.Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis.


Keywords


Internal marketing, marketing orientation, employee engagement, employee performance.

References


Dahwilani, D. M. (2015, juni 2).sindonews. Retriev­ed from https://ekbis.sindonews.com/read/1007773/ 34/pertumbuhan-ritel-indonesia-peringkat-12-dunia-1433163799: http://sindonews.com [CrossRef]

DUNIA INDUSTRI. (2016, Januari 5). duniaindustri. com. Retrieved from http://duniaindustri.com/ downloads/data-industri-minimarket-super­market-hypermarket-di-indonesia/:http://dunia­industri. com [CrossRef]

Gatignon, H., & Xuereb, J.-M.(1997). Strategic Orientation of the Firm and New Product performance.Journal of Marketing Research, 34, 77-90. [CrossRef]

Greene, W.E., G.D. Walls and L.J. Schrest, 1994. Internal marketing: The key to external market­ing success. J. Services Market. 8: 5-13. [CrossRef]

Hunt, S. D., & Lambe, C. J. (2000). “Marketing's contribution to business strategy: market orien­tation, relationship marketing and resource-advan­tage theory”. International Journal of Management Reviews, 2(1), pp, 17-43. [CrossRef]

INDOMARET.(2014). indomaret.co.id. Retrieved fromhttps://indomaret.co.id/korporat/seputar-indo­maret/peduli-dan-berbagi/2014/01/16/gerai-indomaret/: http://indomaret.co.id [CrossRef]

Kahn, W.A. (1990). Psychological conditions of personal engagement and disengagement at work, Academy of Management Journal, 33, 692-724 [CrossRef]

Maskur, F. (2016, june 6). industri.bisnis.com. Re­trieved from http://industri.bisnis.com/read/ 20160606/100/555024/ritel-indonesia-tumbuh-angka-penjualan-capai-us324-miliar:http://industri. bisnis.com [CrossRef]

Malhotra, N. K. (2004). Marketing research : an applied orientation (4th Editio). New Jersey: Upper Saddle River. [CrossRef]

-------------. (2007). Marketing Research, an Applied Orientation. New Jersey: Pearson Education. [CrossRef]

Sugiyono.(2007). Statistika untuk penelitian (Cetakan 10). Bandung: Alfabeta. [CrossRef]

-------------, (2009). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (Cetakan 14). Bandung: Alfabeta. [CrossRef]


Full Text: PDF


Copyright © Research Center Web-Dev Team