PENGARUH ETNOSENTRISME, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK (Studi pada Konsumen di wilayah Jakarta Barat)

Authors

  • Firman Fauzi Universitas Mercubuana Jakarta
  • Ramadhia Asri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Jakarta

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.86-95

Keywords:

Etnosentrisme, Citra merek, Gaya hidup, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh etnosentrisme, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian batik. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di wilayah Jakarta Barat. Sampel yang dipergunakan adalah 150 responden, dihitung berdasarkan rumus Hair. Metode penarikan sampel responden yang di gunakan dalam penelitian ini adalah melalui convenience Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dalam bentuk uji regresi linear berganda. Alat bantu analisis menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel etnosentrisme dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian batik. Sedangkan variabel citra merek berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian batik.

Author Biography

Firman Fauzi, Universitas Mercubuana Jakarta

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Program Studi Manajemen

Universitas Mercubuana Jakarta

References

Ghozali, Imam. (2016). Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipo-negoro.

Haikal, D. M. (2018). The Effect of Consumer Ethno-centrism, Brand Image, and Perceived Quality, on Purchase Decisions with Purchase Intention as Intervening Variable. Jurnal Akuntansi Mana-jemen dan Ekonomi, 20(2), 38-49.

Indrawati, D. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pem¬belian Jilbab “Zoya”. Jurnal Riset Ekonomi dan Mana¬je-men, 15(2), 302-319.

Kementrian Perindustrian. 2018. Data Nilai Ekspor Batik. Jakarta: Kementrian Perindustrian, Repu-blik Indonesia.

Kementrian Perdagangan. 2015. Peraturan tentang impor dan Ekspor. Jakarta: Kementrian Per-dagang¬an, Republik Indonesia.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Marketing Management. 14th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2009. Mana-jemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2003). Perilaku Konsu-men. Jakarta: Erlangga.

Pradesta, R. B. (2014). Pengaruh Etnosentrisme, Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Jadi Impor (Doctoral dissertation, Universitas Muham-madiyah Surakarta).

Prasidda, I. A., & Prihatini, A. E. (2017). Analisis Pengaruh Periklanan Dan Gaya Hidup Ter¬hadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rokok Marlboro PT. Hm Sampoerna Tbk. (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 134-143.

Ramadhani, M. D. (2018). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen, Perceived Quality, Dan Brand Aware-ness Terhadap Proses Keputusan Pem¬belian Sepatu Olahraga Specs Pada Mahasiswa Anggota Ukm Olahraga Perguruan Tinggi Di Ciputat (Bachelor's thesis, Fak. Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta).

Rosif, M. D., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. S. (2015). Analisis Gaya Hidup Dalam Pengam¬bilan Keputusan Pembelian Produk Batik pada Pasar Grosir Setono Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 393-402.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2014). Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Jakarta: PT. Index Gra-media.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Shimp and Sharma. (1987). Consumer Ethnocentrism: Construction and Validation of the CETSCALE. Journal of Marketing Research, 280-290.

Sopiah, Sangadji. 2013. Perilaku Konsumen. Yogya-karta: CV. Andi Ofset

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Cetakan kelima. Bandung: Alfabeta.

<http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/10/2/berapa-nilai-ekspor-batik-indonesia> [diakses pada 10 Oktober 2018].

<http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/ survey-result/top_brand_index_2018_fase_2> [diakses pada 2 September 2018].

Downloads

Published

2020-09-16

How to Cite

Fauzi, F., & Asri, R. (2020). PENGARUH ETNOSENTRISME, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK (Studi pada Konsumen di wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 86-95. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.86-95