PENGARUH TAMPILAN WEB DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABLE PADA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Edwin Japarianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 50236
  • Stephanie Adelia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 50236

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Keywords:

E-commerce, tampilan web, harga, kepercayaan, minat beli

Abstract

E-commerce dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, misalnya tampilan web dan harga, serta kepercayaan yang ikut andil dalam mempengaruhi pertumbuhan minat beli online.Dari penelitian ini penulis menemukan bahwa hubungan antara tampilan web dan harga pada minat beli dengan kepercayaan sebagai intervening variable-nya di e-commerce Shopee menunjukkan bahwa kepercayaan merupakan variabel intervening, membuat variabel independen lebih kuat apabila secara langsung berhubungan  ke variabel dependen. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee yang menggunakan aplikasi Shopee dalam tiga bulan terakhir dan membuka aplikasi Shopee minimal lima kali.

References

Adidarma, R. A. dan W. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14, 1–14.

Bachriansyah, & Rizky, A. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Ponsel Nokia, hal. 1-65.

Bilondatu, M. R. (2013). Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasa. Emba Issn 2303-1174, 1(3), 710–720.

Cahyaningdyah, D. (2013). Jurnal Dinamika Manajemen. Jurnal Dinamika Manajemen Http://Jour-nal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jdm ANALISIS, 4(2), 184–191. https://doi.org/10.1017/CBO97 81107415324.004

Chen, S. C., & Dhillon, G. S. (2003). Interpreting Dimensions of Consumer Trust in E-commerce. Information Technology and Management, 4, 303–318. https://doi.org/10.1023/a:102296263 1249

Churchill, G. A. (2005). Dasar-dasar riset pemasaran Jilid 1 Ed.4. Jakarta: Erlangga.

Das, T. K., & Ten, B.-S. (1998). Between Trust and Control: Developing Confidence in Partner Cooperation in Alliances Author (s): T. K . Das and Bing-Sheng Teng Source: The Academy of Management Review, Vol. 23, No. 3 (July, 1998), pp . 491-512 Published by: Academy of Manag. The Academy of Management Review, 23(3), 491–512.

Endi, R., & Lilis, H. (2014). Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap minat beli online pada situs jual beli tokobagus.com. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mercu Buana, 2(3), 311–318.

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi.

Gregg, D. G., & Walczak, S. (2010). The relationship between website quality, trust and price pre-miums at online auctions. Electronic Commerce Research, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/ s10660-010-9044-2

Hahn, K. H., & Kim, J. (2009). The effect of offline brand trust and perceived internet confidence on online shopping intention in the integrated multi-channel context. International Journal of Retail and Distribution Management, 37(2), 126–141. https://doi.org/10.1108/09590550910 934272

Howard, J. A. (1994). Consumer Behavior in Marketing Strategy.

Jarvenpaa, S. L., Tractinsky, N., & Vitale, M. (2000). Consumer Trust in an Internet store. Journal of Information Technology Management, 1, 45–71. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101...Back

Kinnear, T. C., & Taylor., J. R. (1996). Marketing Research: An Applied Approach. USA: Mc-Grawhill.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (11th ed.). Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran.

Kotler, P., Bowen, J., & Maken, J. (1999). Marketing for Hospitality and Tourism. Pretince Hall.

Koufaris, M., & Hampton-Sosa, W. (2004). The development of initial trust in an online company by new customers. Information and Management, 41(3), 377–397. https://doi.org/ 10.1016/j.im.2003.08.004

Kurnia, D. (2010). Pengaruh Iklan dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Mahasiswa Universitas Negeri Padang Atas kartu Perdana IM3. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, (1), 1–9.

Lohse, G. L., & Spiller, P. (1998). Electronic shopping. Communications of the ACM, 41(7), 81–87. https://doi.org/10.1145/278476.278491

Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, D. F. (1995). An Integrative Model of Organizational Trust Author (s): Roger C. Mayer, James H. Davis and F. David Schoorman Source: The Academy of Management Review, Vol. 20, No. 3 (July, 1995), pp. 709-734 Published by: Academy of Management Stable UR. Academy of Management Review, 20(3), 709–734.

McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology. Information Systems Research, 13(3), 334–359. https://doi.org/10.1287/isre.13.3.334.81

Njite, D., & Parsa, H. G. (2005). Structural equation modeling of factors that influence consumer internet purchase intentions of services. Journal of Service Research, 5(1), 43–59.

Parasuraman, A. (1991). Marketing research 2nd ed. Reading, Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.

Pavlou, P. A., & Dimoka, A. (2006). The nature and role of feedback text comments in online marketplaces: Implications for trust building, price premiums and seller differentiation. Information Systems Research, 17(4), 392–414. https://doi.org/10.1287/isre.1060.0106

Penitasari, N. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Abon Lele. Mana-gement Marketing, 10–24. https://doi.org/2301-7775

Prabowo, I. J. K. G. (2016). Pengaruh citra merek, kualitas produk, persepsi harga dan word of mouth terhadap minat beli (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY Pengguna iPhone), 246–256.

Prasetyo, S., & Widodo, T. (2017). Anteseden Kepercayaan Pengguna Pada Penawaran E-Commerce Dan Konsekuensinya Terhadap Niat Beli (Studi Pengguna E- Commerce Provinsi Dki Jakarta) Antecedent of Trust Users on Offering E-Commerce and Its Consequences To the Purchase Intention (Study User, 4(2), 1429–1436.

Ricky, S., & Adrian, A. (2012). Effects of Perceived Trust and Perceived Price on Customers’ Intention to Buy in Online Store in Indonesia. Asean Marketing Journal, 4(1), 26–36. Retriev-ed from http://journal.ui.ac.id/index.php/amj/article/view/2029

Rosandiena, T. T., & Indrojarwo, T. B. (2018). Perancangan Website sebagai Media Penjualan Online IKM di Jawa Timur, 7(1).

Schurr, P. H., & Ozanne, J. L. (1985). Bargaining Toughness Linked references are available on JSTOR for this article: Influences on Exchange Processes: Buyers ’Preconceptions of a Seller’ s Trustworthiness and Bargaining Toughness, 11(4), 939–953.

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55–61. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61

Sulistyari, ikanita noviriana. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame, (analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk oriflame), 72.

Tambunan, K. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto, 1(8), 1–21.

Wahdi, M. (2011). Riset pemasaran: teori dan aplikasi untuk pengambilan keputusan cet. 1. Jakarta: Caps (Center for Academic Publishing Service).

Wicaksono, B. L., Susanto, A., & Winarno, W. W. (2012). Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode Web-Qual Modifikasi Dan Importance Performance Analysis. Media Ekonomi & Teknologi Informasi, 19(1), 21–34.

Yusnidar, Samsir, & Restuti, S. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, IV(12), 311–329.

Zhang, L., Zhu, M., & Huang, W. (2009). A framework for an ontology-based e-commerce product information retrieval system. Journal of Computers, 4(6), 436–443. https://doi.org/ 10.4304/jcp.4.6.436-443

Downloads

Published

2020-03-04

How to Cite

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). PENGARUH TAMPILAN WEB DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING VARIABLE PADA E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Issue

Section

Articles