DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.1-7

ANALISIS PENGARUH DAMPAK TATA RUNG KOTA DAN ANTUSIAS MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN MASS RAPID TRANSIT (MRT) TERHADAP PENGURANGAN KEMACETAN DKI JAKARTA (LEBAK BULUS-HOTEL INDONESIA)

Ana Ramadhayanti

Abstract


Berbagai usaha mulai dilakukanoleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan mulai darikemunculan moda transportasi smart city seperti busway dan OK TRIP yang saat ini telah hadir dimasyarakat. Sebagai perkembangan dari hal tersebut kini pemerintah telah menghadirkan MRT dengan rute Budaran Hotel Indonesia-Lebak Bulus Grab. Namun hadirnya MRT tersebut harus didukung dengan antusias masyarakat untuk menggunakan MRT.Salah satu wujud dukungan antusias tersebut salah satunya yakni meninggalkan kendaraan pribadi lalu beraralih kekendaraan umum atau transportasi umum. Dengan adanya pembangunan MRT telah merubah tata ruang kota, seperti telah dibuatnya jembatan layang dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih lanjut Dampak Tata Rung Kota dan Antusias Masyarakat Dalam Menggunakan Mass Rapid Transit (MRT) Terhadap Pengurangan Kemacetan DKI Jakarta maka harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif, dengan jenis data primer yakni dengan membagikan kuesioner kepada pengguna MRT Jakarta rute Bundaran Hotel Indonesia-Lebak Bulus Grab. Hasil penelitian menujukkan bahwa menjukkan hasil Dampak Tata Rung Kota (X1) dan Antusias Masyarakat (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pengurangan Kemacetan DKI Jakarta (Y). Semoga dengan dilakukan penelitian ini masyarakat berpartisipasi mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemacetan

Keywords


MRT; Hotel Indonesia; tata rung kota

Full Text:

PDF

References


Fatuhudin, D. (2015). Metode Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Fauzi, A. H. (2017). Pantai Syariah Pulau Santen. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibra-himy.

Muslim, A. (2018). Kerjasama Pemerintah Kota Makassar Dengan Singapura Dalam Pengembangan Smart City Dibidang Transportasi. eJournal Ilmu Hubungan Internasional. 1547–1560.

Oktavia, N. (2015). Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.

Rustiadi, E. dll. (2017). Perencanaan dan Pengem-bangan Wilayah. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Jakarta.

Sihmanto. (2010). 2 Juta Keliling Filipina dalam 10 Hari. Yogyakarta: 8-First.

Sina, P. G. (n.d.). Mindset is Power. Bogor: Guepedia.

Sitinjak, E. (2004). Model Matriks Konsumen Untuk Menciptakan Suprior Customer Value. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sri & Pamungkas, B. (2014). Ganti Rezim Ganti Sistim Pergulatan Muguasai Nusantara. Sri- Bintang Pamungkas.

Susantono, B. (2014). Revolusi Transportasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Timotius, K. H. (2017). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yunus, W. (2014). Pengantar Hukum Tata Ruang. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.1-7



Jurnal Manajemen Pemasaran is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

©All right reserved 2016.Jurnal Manajemen Pemasaran, ISSN: 1907-235X, e-ISSN: 2597-615X

View My Stats