PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK GREEN TEA ESPRECIELO ALLURE

Authors

  • Livya Setiawan Praktisi Pemasaran Di Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.53─60

Keywords:

Celebrity endorsement, brand awareness, purchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Celebrity Endrosement terhadap Purchase Intention dengan mempertimbangkan faktor Brand Awareness. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan angket/kuesioner kepada 100 orang responden yang pernah melihat Celebrity Endorsement di Instagram terhadap Green tea Esprecielo Allure. Teknik analisa yang digunakan merupakan teknik analisa kuantitatif.Hasil penelitian dari 100 masyarakat yang pernah melihat Advertising Celebrity Endorsement produk green tea Esprecielo Allure di Social media Instagram menemukan bahwa Celebrity Endorsement berpengaruh positive terhadap Purchase Intentionsecara langsung maupun tidak langsung melalui Brand Awareness

References

Ambadar, Jackie, Abidin Miranty, dan Ira Yanti. (2007). Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsa Mandiri.

Ferdinand, 2006. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Freiden, Jon B. (1984), "Advertising Spokesperson Effects: An Examination of Endorser Type and Gender on Two Audiences,"Journal of Advertising Research, 24 (October/November),

Garthwaite CL 2014. Demand spillovers, combative advertising, and celebrity endorsements. American Economic Journal: Applied Economics, 6(2): 76–104. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Irfan Laskito, Tasya Paramitha “Ini Perbedaan Teh Hijau Indonesia dan Jepang” Kamis, 30 April 2015http://life.viva.co.id/news/read/620539-ini-perbedaan-tehijauindonesia-dan-jepang.

Keller, K.L. (2008). Strategy Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Third Edition New Jersey. Pearson Education.

Kotler, P. (2000). Marketing Management, The Millenium Edition. NJ: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., Keller, K., & Jha, M. (2007). Marketing Management. A South Asian perspective (12thed.). Pearson Education, 340.

Lin, Nan Hong & Lin, Bih Shya. (2007). The effect of Brand image and product knowledge on purchase intentions. Moderated by party discount Journal of intenational management studies.

Marketeers Editor “Tiga Fokus Nu Green Tea Pertahankan Pangsa Pasar” July 2, 2015 http://marketeers.com/tiga-fokus-nu-green-tea-pertahankan-pangsa-pasar/.

McCracken, G. (1989). "Who is the celebrity endorser? Cultural foundations of the endorsement process." Journal of Consumer research, pp. 310-321.

Peter, Paul J. & Olson, Jerry C. (2002). Consumer Behavior and Marketing Strategy, Sixthedition. New York: Mc Graw-Hill Companies.

Rangkuti, Freddy. (2002). The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek Plus Analisis Kasus Dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rakhmat, J. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rini, Ending Sulistya, Dan Astute, Dina Widya. 2012. Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image HondaVario, Bisma Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 6, No. 1, pp. 1-12.

Rossiter, J. R. and Percy, L., (1987). Advertising and Promotion Management. McGraw-Hill: Singapore.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Top Brand (2017) “Top Brand Fase 1 2017 Kategori: Makanan & Minuman” http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_ brand_ index_2017_fase_1Fleck N., Quester P., (2007). Birds of a feather flock together. definition, role and measure of congruence: An application to sponsorship. Psychology & Marketing 24 (11), 975-1000.

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Setiawan, L. (2018). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK GREEN TEA ESPRECIELO ALLURE. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 53─60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.53─60

Issue

Section

Articles