DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.10-24

PENGARUH DIGITAL MARKETINGTERHADAP ORGANIZATIONAL PERFORMANCE DENGANINTELLECTUALCAPITAL DANPERCEIVED QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI HOTEL BINTANG EMPAT DI JAWA TIMUR

Daniel Laksana, Diah Dharmayanti

Abstract


Pertumbuhan pariwisata di Indonesia terutama di kota besar seperti Surabaya mengalami pertumbuhan yang signifikan. Salah satunya yitu industri perhotelan. Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat, media digital digunakan dalam segala aktivitas pemasaran di industri perhotelan ini dalam rangka meningkatkan performa organisasi dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variable Intervening pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Terdapat 120 responden karyawan hotel bintang empat di Jawa Timur yang menjadi sampel. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis

Keywords


Digital Marketing, intellectual capital, perceived quality, organizational performance

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (2003), “The power of the branded differentiator”, Sloan Management Review, Fall, pp. 83-87.

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) - Alternatif Stuctural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Andy.

Badan Pusat Statistik, 2017, retrieved on 25 Maret 2017, from source http://www.bps.go.id

Bernardin and Russel, 1993.Human Resource Mana¬gement. New Jersey: International Editions Upper Saddle River, Prentice Hall

Bontis, N. (2008). Intellectual capital and business performance in the Portuguese banking industry Maria do Rosário Cabrita, 43, 212–237.

Kim, E. Y., & Kim, Y. (2011). Predicting online purchase intentions for clothing productsnull. Euro¬pean Journal of Marketing, 38(7), 883–897.

Malhotra, N. K. (2004). Marketing research : an applied orientation (4th Edition). New Jersey: Upper Saddle River.

Malhotra, N.K. (2007). Marketing Research, an Applied Orientation. New Jersey: Pearson Education.

Simanjuntak, Payaman J., Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI, 2005.

Stewart, T. (1997) Intellectual Capital: The New Wealth of Organizations, Nicholas Brealey Publi¬shing, Business Digest, New York.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis : pende¬katan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (Cetakan 14). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.10-24



Jurnal Manajemen Pemasaran is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

©All right reserved 2016.Jurnal Manajemen Pemasaran, ISSN: 1907-235X, e-ISSN: 2597-615X