PENGARUH SERVICESCAPE DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Klinik Bersalin Bunga Mawarni Kota Banjar)

Nila Nurochani, Deden Mulyana




Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis Servicescape, citra merek, dan keputusan pembelian pada Klinik Bersalin “Bunga Mawarni”. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Data yang digunakan adalah data primer, dan studi pustaka sebagai data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan non random sampling yaitu convenience sampling dengan ukuran sampel sebanyak 200 responden. Alat analisis yang digunakan adalah path analysis.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa  variabel servicescape dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Kualitas layanan; servicescape; citra merek; keputusan pembelian.

References


Harris, Lloyd C. and Ezeh, Chris. (2008). Servicescape and Loyalty Intentions: an Empirical Investigation. European Journal of Marketing, 42(3/4), 390-422.[CrossRef]

Heizer, Render. (2009). Operations Management, Manajemen Operasi. Penerjemah Chriswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat. [CrossRef]

Ian Antonius Ong, Sugiono Sugiharto. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-11. [CrossRef]

Kotler Philip, Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Penerjemah Bob Sabran, Edisi 13, Jilid 1, Jakarta: Erlangga. [CrossRef]

Kotler Philip, Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerjemah Bob Sabran, Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga. [CrossRef]

Lovelock Christopher, Wirtz Jochen, Mussry Jacky. (2011). Pemasaran Jasa, alih bahasa Dian Wulandari dan Devri Barnari Putra, Jilid 1, Edisi ketujuh, Jakarta: Erlangga. [CrossRef]

Lovelock Christopher, Wirtz Jochen, Mussry Jacky. (2011). Pemasaran Jasa, alih bahasa Dian Wulandari dan Devri Barnari Putra, Jilid 2, Edisi ketujuh, Jakarta: Erlangga. [CrossRef]

Muhammad Ehsan Malik, Muhammad Mudasar Ghafoor, Hafiz Kashif Iqbal. (December 2012). Impact of Brand Image, Service Quality and price on customer satisfaction in Pakistan Telecommunication sector.International Journal of Business and Social Science, 3(23). [CrossRef]

Mudie, Peter. Angela Pirrie, (2006), Services Marketing Management. Third edition. New York: Elsevier Ltd. [CrossRef]

Rashid Zaman, (2014). Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan. Research on Humanities and Social Sciences, 4(22). [CrossRef]

Singarimbun Masri, Sofian Effendi. (2015). Metode Penelitian Survei, Jakarta: Pustaka LP3ES. [CrossRef]

Tarun Kanti Bose, Sandip Sarker, Delowar Hossain. (May 2013). Comparing The Outcome of Servqual and Servicescape Model in Evaluating Customer Satisfaction-A Case Study on Exim Bank Limited. Universal Journal of Marketing and Business Research, 2(2), pp. 044-063. [CrossRef]

Tonny Hendratono. (2011). Pengaruh Trust dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ilmiah Hospitaliti, 1(2), [CrossRef]

Vivi Alvionita Moly. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Studi Kasus Toko Mars Cell Klandasan, Balikpapan). E-Journal Psikologi, 2(2). 258–268 e-journal. psikologi.fisip-unmul.org©Copyright 2014. [CrossRef]

William Jen, Mingying Lu, ErHua Hsieh, YiHua Wu, ShihMin Chan. (2013). Effects of Airport Servicescape on Passengers’ Satisfaction: A Hierarchical Approach and ImportancePerformance Analysis. Proceedings of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 9, 2013. [CrossRef]

Yogesh Pai P, Satyanarayana Chary T. (2014). The impact of Healthscape on Service Quality and Behavioural Intentions. International Journal of Conceptions on Management and Social Sciences, 2(2), [CrossRef]


Full Text: PDF


Copyright © Research Center Web-Dev Team