PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT DAN MARKETING CAPABILITIES SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA PT. PANAH PERDANA LOGISINDO DI SURABAYA

Melisa .




Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pemasaran Internal Keunggulan Kompetitif di PT. Panah Perdana Logisindo di Surabaya dengan Organisasi Komitmen dan Keunggulan pemasaran sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan kausal kuantitatif pendekataan menggunakan kuesioner, di mana sampel adalah 31 responden yang semua karyawan tetap di PT. Panah Perdana Logisindo Surabaya. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Path Analysis (PLS), menunjukkan bahwa kehadiran berpengaruh positif dan signifikan dari Pemasaran Internal, Organisasi Komitmen dan Keunggulan Pemasaran Kemampan, serta berpengaruh positif dan signifikan dari Organisasi Komitmen dan Keunggulan Pemasaran.


Keywords


Pemasaran internal, komitmen organisasi, kemampuan pemasaran, keunggulan kompetitif

References


Logistic Performance Index (2016) Retrieved 7 October 2016, from source http://industri.bisnis. com

Indonesia’s freight sector set to grow in 2016 (2016) Retrieved 7 October 2016, from http://www. fwd.news/indonesia-freight-sector-growth-2016/

Bennet, R. & Barkensjo, A. (2005).Internal Marketing, Negative Experiences and Volunteers' Commitment to Providing High-Quality Services in a UK Helping and Caring Charitable Organization.International Journal Of Volun-tary And Non-Profit Organizations, 16, 251-274.

Caruana, A. & Calleya, P. (1998).The Effect of Internal Marketing on Organisational Commitment among Retail Bank Managers.International Journal of Bank Marketing, 16 (3), 108-116.

Allen, N. J., & Meyer, J. P. (1990).The measurement and antecedents of affective, continuance, and normative commitment to the organization. Journal of Occupational Psychology, 63, 1–18.

Dawley, D. D., Stephens, R. D., & Stephens, D. B. (2005). Dimensionality of organizational commitment in volunteer workers: Chamber of commerce board members and role fulfilment. Journal of Vocational Behaviour, 67, 511 – 525.

Eslami, J. & Gharakhani, D. (2012).Organizational Commitment and Job Satisfaction.Journal Of Science And Technology, 2(2225-7217), 85-91.

Vorhies, D.W., & Morgan, N.A. (2005).Benchmarking Marketing Capabilities for Sustainable Competitive Advantage.Journal of Marketing, 69(January), 80–94.

Day, G. (1994). The Capabilities of Market-Driven Organizations.American Marketing Association, 58(4), 37-52.

Kaleka, A. (2002). Resources and capabilities driving competitive advantage in export markets: guidelines for industrial exporters. Industrial Marketing Management, 31, 273–283.

Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan (4th ed.). Jakarta: Indeks.

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015).Partial Least Square (PLS) - Alternatif Stuctural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Andy.

Sugiyono.(2007). Statistika untuk penelitian (Cetakan 10). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (Cetakan 14). Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF


Copyright © Research Center Web-Dev Team