PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PLANET SPORTS TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

Oky Gunawan Kwan




Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Postivie Emotion sebagai variabel intervening pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden konsumen Planet Sports. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sales promotion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying, store atmosphere berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying, positive emotion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying.


Keywords


Sales Promotion, Store Atmosphere, Impulse Buying, Positive Emotion

References


Andriyanto, D. S. (2016). Pengaruh Fashion Invol­vement dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying (Survey pada Warga Kelurahan Tulus­rejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang), 31(1), 42–49.

Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa Peng­aruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mall Ciputra, 8(2), 80–89. http://doi.org/ 10.9744/pemasaran.8.2.80-89

Denny Kurniawan, (2013). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya, 1(2), 1–8.

Hendri Ma’ruf. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hetharie, J. A. (2012). Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency pada Matahari Departement Store Kota Ambon, 10.

I Made Willy Setiadi & I Gede Ketut Warmika, (2015). Pengaruh Fashion Involvement Ter­hadap Impulse Buying Konsumen Fashion yang Dimediasi Positive Emotion di Kota Denpasar, 4(6), 1684–1700.

Japarianto, E. (2009). Pengaruh Shopping Life Style dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya.

Leba, E. (2015). Pengaruh atmosfer gerai dan pro­mosi terhadap pembelian impulsif yang dimediasi emosi positif, 4, 1–17.

Nofiawaty, B.Y. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Mana­jemen dan Bisnis Sriwijaya, 12.

Pattipeilohy, V.R., Rofiaty, & Idrus, M.S. (2013). The Influence of the availability of Money and Time, Fashion Involvement, Hedonic Consump­tion Tendency and Positive Emotions towards Impulse Buying Behavior in Ambon City (Study on Purchasing Products Fashion Apparel). International Journal of Business and Beha­vioral Sciences, 3(8), 36–49.

Ratnasari, V.A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Hypermart Malang Town Square), 1(1).

Restuti, S. (2014). Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying pada Giant Pekanbaru, VI(3).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yistiani, N. N. M. (2012). Terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza, 6(2), 139–149.


Full Text: PDF


Copyright © Research Center Web-Dev Team