PEMETAAN IMAGE KONSUMEN TERHADAP PRODUK WHITE COFFEE DI HYPERMART BANGKALAN

Authors

  • Umar Khasan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Jl. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura 69162 Indonesia
  • Elys Fauziyah Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Jl. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura 69162 Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.78-88

Keywords:

Preferensi konsumen, kopi putih, korespondensi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi proses keputusan pembelian, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian dan peta image konsumen terhadap produk kopi putih (White Coffee). Penelitian ini dilaksanakan di Hypermart Bangkalan. Sampel diambil dengan metode Accidental Sampling. Data dianalisis dengan metode diskriptif kualitatif dan korespondensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian kopi putih (White Coffee) terdiri dari lima tahap yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Sedangkan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kopi putih adalah situasi atau waktu dan usia. Berdasarkan analisis korespondensi didapatkan kemiripan beberapa atribut pada  produk-produk kopi putih.

References

Agustina E. 2004. Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Proses Keputusan Pembelian Teh Dalam Botol (Studi Kasu: Mahasiswa Institut Pertanian Bogor). Skripsi Tidak Dipublikasikan. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institute Pertanian Bogor. Bogor

Arifin, Bustanul. 2004. Analisis Pertanian Indonesia. Penerbit Buku Kompas. Jakarta.

Aulia R. 2006. Analisis Proses Keputusan Pembelian dan Pemetaan Persepsi Indomie. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Departemen Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institute Pertanian Bogor. Bogor

BPS. 2014. Statistik Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jakarta. www.bps.go.id/page/nilai-devisa-kopi-Indonesia. Diunduh pada 31 Agustus 2014.

Cenadi Suharto C. 2000. Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Jurnal Nirmana. Vol. 2, No. 1, pp: 92-103

Chang, M.J, Taly, F.J, Erb I, Sung, Y.T, Hsu, L.W, Tang, Y.C, Notredame C, Chia, Y.S. Efficient and interpretable prediction of protein functional classes by correspondence analysis and compact set relations. PLOS ONE. Vol. 8, No. 10, pp:1-11

Ditjenbun. 2013. Kopi. Departemen Pertanian. Jakarta. www.deptan.go.i/page/-luasareal-produktivitas-kopi-indonesia-2009/2013. Diunduh pada 31 Agustus 2014

Engel, J.F, Roger D. Blackwell, Paul W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi ke-6 jilid I (terjemahan). Binarupa Aksara. Jakarta.

Faisyal dan Murwani Ina M. 2008. Analisa faktor yang mempengaruhi konsumen ses dalam pemilihan merek kopi bubuk di DKI Jakarta. Journal of Business Strategy. Vol, 1, No. 1, pp: 122-134

Kartajayah H. 1997. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta

Kim S and Yang T. 2012. Consumer preferences for mobile internet: a comparative cross-national mixed methods study. Korea Advances Institute of Science and Technology. Vol. 40, No. 10, pp: 1695-1712.

Konig, P.R. 2008. Changing Social Categories In A Changing Society: Studying Trends With Correspondence Analysis. Springer Science+Business Media B.V. DOI 10.1007/s11135-008-9213-8, pp: 409-425

Kotler dan Amstrong. 2007. Dasar Dasar Pemasaran. Edisi kesembilan. PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke-2. Indeks. Jakarta.

Mulyadi A dan Fauziyah E. 2013. Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instant Di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriekonomika. Vol. 3, No. 1, pp:65-80

Pangastuti A. Mukid Abdul M dan Sudarno. 2013. Pemetaan persepsi merk laptop di kalangan mahasiswa menggunakan analisis korespondensi berganda. (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Dipenogero Semarang). Jurnal Gaussian. Vol. 2 , No.3, pp: 167-176

Rachmawati R. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik. Vol. 2, No. 2, pp:143-150

Salaki Tineke D. 2007. Kecenderungan konsumen memilih merek rokok dengan analisis korespondensi. Jurnal Ilmiah Sains. Vol. 7, No. 1, pp: 87-92

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.

Smith, M. C, Smith, G. R, Josehp D, Dracboly, Pace P. Multiple respondent anecdotal assessments: An analysis of interrater agreement with correspondence with analogue assessment outcome. Journal Apllied of Behavior Analysis. Vol. 45. No. 4, pp: 779-795

Ulfah M. 2011. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Proses Keputusan Pembelian Pelumas Fastron PT. Pertamina. Skripsi Tidak Dipublikasikan . Departemen Manejemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Intitut Pertanian Bogor.

Yahyu R. 2007. Analisis Perilaku Konsumen Wanita Dalam Pembelian Shampo Antiketombe Di Kotamadya Bogor. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Departemen Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institute Pertanian Bogor.

Zare N, Shahsavari S, Mehrabani D, Firozi, S.M. Migraine Risk Factors in Qashqai Migrating Nomads: An Adjusted Multiple Correpondence Analysis Approach. Pak J Med Sci. Vol. 28, No. 3, pp: 560-563.

Downloads

Published

2019-09-17

How to Cite

Khasan, U., & Fauziyah, E. (2019). PEMETAAN IMAGE KONSUMEN TERHADAP PRODUK WHITE COFFEE DI HYPERMART BANGKALAN. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 78-88. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.78-88