DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.54-60

MODEL POTENSI INDUSTRI KREATIF SKALA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN

Rahma Wahdiniwaty, Deden A. Wahab Sya’roni, Eko Budi Setiawan

Abstract


Kurangnya informasi kepada masyarakat umum tentang potensi industri kreatif pada skala UMKM yang dimiliki di Kabupaten Bandung Barat mengakibatkan pertumbuhan ekonomi kurang meningkat secara signifikan sehingga peningkatan pendapatan bagi para UMKM sulit berkembang. Dengan demikian, kebutuhan sistem informasi sangat diperlukan bagi industri kreatif skala UMKM di Kabupaten Bandung. Dengan persebaran informasi mengenai produk industri kreatif pada skala UMKM  dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG), maka diharapkan peningkatan skala usaha dan produktivitas usaha di sektor industri kreatif skala UMKM akan berkembang dan meningkat. Penelitian tahun pertama ini mempunyai hasil output berupa profil UMKM Kabupaten Bandung Barat, profil potensi pelaku usaha industri kreatif UMKM, profil potensi usaha industri kreatif dan model rancangan untuk penyebaran informasi potensi industri kreatif.


Keywords


Industri kreatif, UMKM, persebaran informasi, Sistem Informasi Geografis (SIG)

Full Text:

PDF

References


Anep Paoji, 2014, Kendala Industri Kreatif Mirip UKM, bisnis.com jawa barat, Sabtu, 12 April 2014,ttp://www.pikiran-rakyat.com/node/261375

Husein, Rahmad. 2006. Konsep Dasar Sistem Infor-masi Geografis.

Eli Komara, 2012, Usaha Kreatif Dongkrak Per¬ekono-mian Jabar, http://dispenda-jabar.blogspot. com/2012/03/usaha-kreatif-dongkrak-perekono-mian.html, <27/04/2014>

Puguh Setyo Nugroho, Malik Cahyadin, 2014, Anali¬sis Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia, hal. 1-20,

Rachmaona, 2009, Ancaman Persaingan Ekonomi Kreatif Terhadap Nasionalisme Bangsa, 9 Okto-ber,http://rachmaona.wordpress.com/2009/10/14/ancaman-persaingan-ekonomi-kreatif-terhadap-nasionalisme-bangsa/, <27/04/2014>

Turban, Leidner, McLean, and Wetherbe, Informa¬tion Technology for Management, 6th ed.: John Wiley & Sons (Asis) Pte Ltd, 2008.

Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

William H DeLone, Ephraim R. McLean, The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Teen-Year Update, Journal of Management Information System, vol. 19, pp. 9-30, 2003.

Sugiyono, Metoda Penelitian Kuantitatif dan Kualita¬tif, Bandung: Alfabeta, 2011.

Sommerville. 2001. Software Engineering (9th Edition). USA: Pearson Education




DOI: https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.54-60



Jurnal Manajemen Pemasaran is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

©All right reserved 2016.Jurnal Manajemen Pemasaran, ISSN: 1907-235X, e-ISSN: 2597-615X

View My Stats