ANALISIS PASAR PELANGGAN PRIA PRODUK FACIAL WASH DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Yohanes Sondang Kunto Staff Pengajar Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Inggried Kurniawan Khoe Alumni Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/pemasaran.2.1.

Keywords:

facial wash, metrosexual, moderate men, conservative men, CHAID.

Abstract

Within time, it’s not only metrosexual men using cosmetic specialized for men but also men in general. One of the most dominant cosmetic products is facial wash for men.In terms of psychographics, men can be segmented into metrosexual (13%), moderate men (29%), and conservative men (58%). The percentages ratio of segments between user and non-user indicate that decision to use facial wash already acceptable in every psychographics segments.CHAID analysis found that the ability of facial wash to soften face and created uniquely for men are strongly related to satisfaction. Both attributes are under service, which make wrong management from facial wash producer could lead into opportunity for new brands to enter the market. Abstract in Bahasa Indonesia: Pada perkembangannya, tidak hanya pria metroseksual saja yang menggunakan produk kosmetik khusus pria. Kaum pria umumnya juga mulai mempergunakannya. Salah satu produk kosmetik yang dominan adalah facial wash khusus pria. Secara psikografis, kaum pria terdiri atas segmen pria metroseksual (13%), pria rata-rata (29%), dan pria konservatif (58%). Perbandingan persentase segmen antara user dan non-user mengindikasikan bahwa keputusan penggunaan facial wash telah diterima oleh semua segmen psikografis. Analisis CHAID menemukan bahwa atribut kemampuan facial wash untuk melembutkan wajah dan dibuat khusus untuk pria berkaitan erat dengan kepuasan. Kedua atribut tersebut tergolong under service, sehingga pengelolaan yang salah dari produsen facial wash dapat memberi kesempatan kepada merek baru untuk meramaikan pasar. Kata kunci: facial wash, metroseksual, pria rata-rata, pria konservatif, CHAID.

Downloads

Published

2009-03-12

How to Cite

Kunto, Y. S., & Khoe, I. K. (2009). ANALISIS PASAR PELANGGAN PRIA PRODUK FACIAL WASH DI KOTA SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1). https://doi.org/10.9744/pemasaran.2.1.

Issue

Section

Articles